Penyebab Bakso Lembek, Tidak Kenyal, dan Tidak Kriuk

Begini cara mengatasi bakso lembek-mu.
penyebab bakso lembek

Kejadiannya sudah lama, saat Idul Adha kemarin saya mencoba buat bakso bersama tetangga. Modal mesin blender (blender biasa yang digunakan untuk blender Pop Ice), saya menghaluskan daging sapi lalu menambahkan telur dan menguleninya dengan tapioka.


Saya melakukan beberapa kali percobaan, dimulai daging yang lebih banyak dari tepungnya, hingga daging dan tepung yang sama-sama banyak. Tapi hasilnya tetap lembek.


Kenapa tidak bisa mirip dengan bakso abang-abang yang rasa tapiokanya lebih banyak daripada dagingnya itu? Atau bakso yang pernah saya coba di Pasar, yang saat digigit seperti memberikan efek kriuk atau kres karena tekstur luarnya padat dan bagian dalamnya lembut tapi tidak lembek. 


bakso 🤤

Kenapa? Kenapa bakso saya tidak bisa jadi seperti itu? Kenapa bakso saya malah lembek, benyek, dan saat dimakan tekstur baksonya tidak menyenangkan sekali. 


Penyebab Bakso Lembek dan Tidak Kenyal


Saya saat itu membuat bakso dengan men-skip 2 bahan. Seperti:


  1. Baking powder 

  2. Bubuk agar-agar


Jadi saya sepenuhnya cuma memakai tepung tapioka, bumbu, es batu, telur dan daging. Sehingga saya menyimpulkan, penyebab kenapa bakso lembek dan tidak kenyal adalah karena tidak menambahkan dua bahan itu.


Baking powder membantu bakso menjadi kenyal. Tapi tidak boleh digunakan terlalu banyak supaya bakso tidak terlalu mengembang dan pecah saat bakso direbus nanti. Selain baking powder, pembuat bakso juga biasanya menambah baking soda. Dua bahan ini memiliki fungsi yang sama, hanya saja baking powder ada sifat asamnya. Kalau memberikan baking powder terlalu banyak, selain membuat bakso pecah, juga bisa memberikan rasa asam yang mengganggu. Jadi berikan takaran yang sesuai.


Sementara bubuk agar-agar bisa membantu bakso agar tidak lembek. Ini menjawab pertanyaan penyebab bakso lembek. Banyak yang sudah membuktikan bahwa bubuk agar-agar bisa membuat tekstur bakso menjadi kenyal dan ada efek kriuk saat digigit.


harganya 4.000

Orang-orang biasa menggunakan bubuk agar-agar Swallow putih tanpa rasa agar tidak mengganggu rasa baksonya nanti. Ingat ya, cari yang tidak ada rasanya, jangan yang rasa stroberi.


Setelah tahu penyebab bakso lembek, sekarang kamu cukup mengaplikasikannya saja pada bakso kamu. 


Contoh Takaran Membuat Bakso Kenyal dan Anti Lembek 


bakso 🤤

  • 400 - 500 gram daging

  • 1 bawang putih (iris lalu goreng)

  • 1,5 sendok teh garam

  • 1 sendok teh gula pasir

  • 1/2 sendok teh lada putuh

  • 1/2 sendok teh baking powder

  • 1/2 sendok teh baking soda

  • 2 buah es batu (bentuk persegi panjang)

  • 1 sendok makan rata agar-agar putih

  • 4 sendok makan munjung tepung tapioka


Ada yang kalau sudah menambahkan baking powder tidak perlu tambah baking soda atau bubuk agar-agar. Kamu boleh skip baking soda-nya, tapi coba pikir-pikir lagi soal bubuk agar-agar.


Banyak yang sudah mencobanya. Saya juga pernah lihat rahasia bakso kres abang-abang, mereka bilang menambahkan bubuk agar-agar pada adonannya. Jadi kuncinya adalah ada pada bubuk agar-agar ini.


Beberapa Penyebab Bakso Gagal dan Cara Mengatasinya


Berikut beberapa masalah dan cara mengatasi permasalahan tersebut.


1. Apa penyebab bakso lembek?


Karena kamu tidak menambahkan bubuk agar-agar atau baking powder pada bakso kamu. Takaran dari perbandingan tepung dan daging juga penting. Jangan terlalu padat dan jangan encer agar bakso tidak lembek.


2. Kenapa bakso tidak padat?


Karena adonan bakso kamu terlalu encer. Adonan bakso itu tidak padat tidak juga encer. Saat ditekan di tangan, dia akan melotot membentuk bola-bola. Pastikan teksturnya seperti itu. Supaya teksturnya padat dan kres, jangan lupa tambahkan bubuk agar-agar.


3. Bagaimana cara mengatasi bakso lengket saat direbus?


Tambahkan minyak pada air rebusan agar bakso tidak lengket satu sama lain.


4. Kenapa bakso pecah saat direbus?


Yaitu karena adonan telur kamu kurang. Fungsi telur adalah menjadi pengikat adonan agar tidak pecah. Penyebab lainnya, terlalu banyak air pada adonan kamu.


Itulah penyebab bakso lembek serta beberapa masalah lain dan cara mengatasinya pada masalah bakso. Sekarang saatnya kita membuat warung bakso. Bakso jaya jaya jaya!


🤤

Post a Comment

© Tsubete. All rights reserved. Developed by Jago Desain

Pemblokir Iklan Terdeteksi

Matikan adBlock anda untuk dapat mengakses situs ini.

translate to english