Makna Lagu There Is a Light That Never Goes Out, Ajakan Bunuh Diri?

Terlalu berlebihan gak sih dimaknai sebagai ajakan bunuh diri? Lalu gimana soal makna ajakan buat mati bareng? Atau gak mau menderita sendirian?
the smiths

Lirik lagunya lucu jika dipandang dari kacamata orang jatuh cinta:


And if a double-decker bus (dan jika bus tingkat)

Crashes in to us (menabrak kita)

To die by your side (meninggal di sisimu)

Is such a heavenly way to die (adalah cara yang indah untuk mati)


Terus ada juga yang ditabrak truk sepuluh ton. Itu gak papa, asalkan kamu di samping saya. Sebuah kehormatan dan kesenangan, mati di sisimu.


Tapi terasa konyol banget. Cinta memang konyol. Ini mengingatkan dengan kisah Romeo dan Juliet, yang memilih mati berdua kala dunia tak mengizinkan mereka bersama. Cinta memang cringe.


Makna Lagu There is a Light That Never Goes Out by The Smiths



Makna lagu There is a Light That Never Goes Out saya pikir lebih condong ke penyanyi yang depresi dengan hidupnya. Dia menggantungkan kebahagiaan terakhirnya pada seseorang yang duduk di kursi kemudi.


"Ajak saya berkendara bersamamu, ajak saya keluar, menuju tempat yang ada musik dan orang-orang yang muda dan ceria."


Terus lirik yang sangat menonjolkan sisi depresi itu ada pada penggalan ini:


"I never, never want to go home (saya tak pernah ingin pulang

Because I haven't got one anymore (karena saya tak lagi memiliki rumah)"


Pasti ada masalah yang terjadi di rumahnya. Apakah itu? Entahlah, tapi yang jelas, ketika di rumah dia merasa sangat tertekan, dan dia tidak diterima baik di rumah.


Terus pertanyaan berikutnya, apa hubungan antara penyanyi dengan si pengemudi? Bisa jadi sahabatnya,kekasihnya, atau mungkin calon kekasihnya? Tapi yang jelas, penyanyi sangat menyayangi pengemudi ini. Judul lagu There is a Light That Never Goes Out juga ada keterkaitan dengan si pengemudi. 


There is a Light That Never Goes Out (ada cahaya yang tidak pernah padam), cahaya apa itu? Jika mendengarkan versi asli/demo lagu, kita bisa dengar jelas penyanyi mengatakan, "ada cahaya di matamu… tidak pernah padam." Jadi kita simpulkan saja kalau cahaya yang tak pernah padam adalah cahaya si lawan bicaranya atau si pengemudi ini. 


Bayangkan, penyanyi telah kehilangan 'rumah'-nya (katakanlah keluarga), kebahagiaannya redup, dunianya gelap dan ssngsara, lalu ternyata masih ada satu cahaya. Cahaya yang tak pernah redup, yaitu sorot mata pengemudi yang kini membawanya keluar malam itu. Mencari kebahagiaan yang tidak bisa ia dapatkan di rumah. 


"Kamu sumber kebahagiaan saya yang tersisa."


Karena si pengemudi yang begitu istimewa di hidup penyanyi, dia tidak masalah jika ada bus tingkat atau truk menabrak mereka. Asalkan mati di sisimu, saya benar-benar gak papa. Itu kehormatan dan kebahagiaan. Mau mati atau hidup, selagi bersama cahayanya, dia benar-benar ikhlas dengan takdirnya. Meski itu takdir terburuk sekalipun.


Kontroversi Soal Makna Lagu There is a Light That Never Goes Out 


Ada yang bilang, lagu ini adalah glamorisasi bunuh diri. Lirik mematikan yang ditabrak bus tingkat dan truk 10 ton, itu dinyanyikan dengan nada ceria. Ajakan bunuh diri yang glamor dan tidak kentara sekali, di sisi lain orang-orang malah terbius bahwa ini metafora untuk hidup-mati bersama seseorang yang dicinta.


Itu tidak sepenuhnya salah. Toh ini kontroversi, yang mana maknanya masih belum tentu benar. 


Tapi saya agak aneh dengan lirik ini:


"And in the darkened underpass (Dan di terowongan jalan yang gelap)

I thought Oh God, my chance has come at last (Kupikir oh Tuhan, akhirnya kesempatanku tiba)

But then a strange fear gripped me (Tapi lalu ketakutan aneh mencengkeramku)

And I just couldn't ask (Dan aku tak bisa meminta)"


Sepertinya diksi ditabrak bus tingkat dan dia gak papa dengan itu, bukan cuma perumpamaan betapa sayangnya penyanyi kepada si pengemudi. Bisa juga dia memang ada niat bunuh diri. Tapi bagi saya, jika lagu ini dimaknai sebagai ajak bunuh diri terlalu berlebihan. Saya gak setuju.


Bisa jadi hanya bermakna, seorang anak yang depresi karena tidak mendapatkan cinta di rumahnya, terus dia hangout sama sahabatnya. Si pengemudi ini bisa disesuaikan dengan kondisi pendengar. Menurutmu siapa cahaya yang tak pernah padam di hidupmu selain keluarga? Sahabat? Kekasih? 


Tak terlepas dari itu, malah ada yang memaknai sebagai penyanyi baru cerai. Fiuh, makna lagu There is a Light That Never Goes Out bisa luas banget tergantung imajinasi pendengarnya. 


Post a Comment

© Tsubete. All rights reserved. Developed by Jago Desain

Pemblokir Iklan Terdeteksi

Matikan adBlock anda untuk dapat mengakses situs ini.

translate to english