Makna Lagu Ghost Justin Bieber, Siapa 'Hantu' yang Justin Maksud?

Saya lebih penasaran makna kosa kata 'ghost' dan siapa 'ghost' di hidup Justin yang diceritakan pada lagu.
hantu

Kalau cuma dengerin lagu Ghost – Justin Bieber tanpa melihat MV-nya, orang-orang akan salah paham kalau lagu ini soal lagu gamon atau gagal move on Justin kepada Selena (atau cuma saya yang berpikir begini?).


Ini salah besar ya! Justin sudah beristri, dia sangat menyayangi Hailey, dan saya sangat setuju dengan itu. Saya dulu pernah berada di pihak ngeship Justin-Selena sampai berharap mereka cerai. 


Astaga, jahatnya saya. Bodohnya saya. Padahal jelas yang terbaik untuk JB adalah Hailey, dan JB sangat cocok dengan Hailey. Jika masih ada yang ngeship JB sama Selena, ke laut aja kau sana! Hargai perasaan Hailey, dia istri sahnya, bisa-bisanya diship sama cewek lain.



Kembali ke topik utama, yaitu makna lagu Ghost Justin Bieber. Berkaitan soal apa ya lagu ini? Para anak muda kebanyakan memaknainya sebagai lagu kehilangan orang yang mereka cintai, yang kemungkinan dikarenakan meninggal. 


Tapi makna yang dirundingkan dari melihat seluruh lirik dan MV, memperlihatkan bahwa makna lagu Ghost Justin Bieber soal pesan kepada generasi muda untuk jangan menyia-nyiakan waktu berharga kalian bersama orang tersayang (keluarga). Dua makna itu tetap masuk akal, dan saya pikir ada banyak makna pada lagu ini.


Adapun tujuan Justin Bieber membuat lagu Ghost: "Tujuan saya membuat lagu ini adalah untuk membuat orang merasa seperti ada harapan pada trauma serta luka yang Anda rasakan, bahwa itu tidak akan bertahan selamanya. Butuh waktu untuk sembuh. Akan ada saat dimana rasa sakit itu tidak terlalu menyakitkan. Ketahuilah bahwa perasaan itu akan mereda.”


Makna Lagu Ghost Justin Bieber


Dari lirik ini "youngblood thinks there's always tomorrow" artinya, pemuda selalu berpikir bahwa ada hari esok. Udah, titik sampai di situ, kelihatan banget artinya memang soal generasi muda yang diharapkan bisa lebih menghargai waktu berharga mereka bersama orang tersayang.


Jadi anggap saja, makna utama lagu Ghost Justin Bieber adalah soal itu. Di samping itu, saya mau mencari makna lain yang ada kaitannya dengan dunia percintaan, romansa masa muda. Soalnya lirik lagu ini tuh kayak relate banget buat para pemuda-pemudi kasmaran di luar sana.


"Ghost", Makna Mendalam dari Kata Hantu


Saya pikir ghost ini sebutan romantis dari 'gagal move on'. Seperti lagu romantis lain yang menggunakan kata 'ghost' pada liriknya, yang kebanyakan mengarah ke arti, "aku terus terbayang-bayang dirimu, seperti kamu hantu di kepalaku".


Kayak lagunya Skinnyfabs – Ghost dan Sasha Alex Sloan – Dancing With your Ghost. Kalau lagu Skinnyfabs, dalam liriknya tidak ada kata-kata ghost, tapi dia menggambarkan dengan apik kalau dia gamon dan terus terbayang oleh mantan kekasihnya. Sementara lagunya Sasha, dia menempati puncak gagal move on tertinggi, sampai-sampai menghayal menari dengan hantu (hayalan tentang mantan kekasihnya). Tapi menari di sini cuma analogi aja buat menyebut dia setiap malam dengerin musik sambil ngehalu nginget-nginget masa-masa indahnya bersama mantan kekasihnya.



Lalu beralih pada lagu Justin Bieber - Ghost, di sini dia memang kental sekali dengan makna sulit melupakan masa lalunya (keluarga yang meninggal), pada lirik ini: "jika aku tidak bisa mendekatimu, aku akan puas dengan hantumu." 


Ini gambarin banget soal patah hati Justin karena kehilangan sosok itu yang dia sebut sebagai hantu sampai rela kalau 'orang yang meninggal' itu datengin dia dalam bentuk hantu, dia bener-bener sangat puas karena saking sayangnya. 


Lalu pertanyaannya, siapakah 'ghost' yang Justin maksud? Siapa yang telah membuat Justin terluka seperti ini karena kehilangan seseorang?


Siapa Sosok 'Ghost' di Lagu Justin Bieber?


Musik pada intinya bersifat subjektif. Terserah pendengarnya mau memaknai seperti apa. Boleh diartikan jika ghost atau hantu berarti kehilangan orang yang dicintai, atau diartikan sebagai representasi gagal move on seperti yang dibahas di atas.


Lalu pertanyaannya siapakah sosok 'ghost' yang Justin maksud? Siapa seseorang yang membuatnya begitu merindukannya sampai rindunya itu melebihi hidupnya sendiri (i miss you more than life)? Jawabannya adalah Neneknya. 


Omong-omong, siapa 'Ghost' di hidupmu? Siapa orang yang masih menghantui kepala dan perasaanmu saat ini? Siapa orang yang telah membuatmu merasa sangat kehilangan? Kalau saya, tak ada ghost di hidup saya. Karena saya adalah orang yang tidak pernah gagal move on. Yahahaha, pal pale pal pale.


Post a Comment

© Tsubete. All rights reserved. Developed by Jago Desain

Pemblokir Iklan Terdeteksi

Matikan adBlock anda untuk dapat mengakses situs ini.

translate to english