Apakah Aplikasi Lok Lok Legal atau Ilegal? Jangan Sampai Salah Paham!

Bingung dia legal atau tidak. Dari segi tampilan, LokLok kelihatan legal, dia juga tersedia buat Android atau iPhone. Penggunanya banyak. Tapi kenapa?

Sebagai pengetahuan saja, legal itu resmi, dan ilegal tidak resmi. Ini menyangkut copyright, dan kepemilikan video atau film yang mereka bagikan. Jadi, apa jawabannya? Apakah aplikasi Lok Lok legal? Atau malah ilegal?


Saya awalnya berpikir dia ini mirip Bstation. Awalnya dikasih akses gratis ke seluruh film, lalu saat penggunanya sudah banyak, mereka membuat aplikasinya berbayar. 


Saya pikir begitu, jadi saya buru-buru download selagi penggunanya masih sekian juta saja. Berharap bisa nonton film gratis berpikir bahwa LokLok lagi masa promosi. Iklannya juga tayang terus, film-filmnya juga kekinian, hampir seluruh film favorit atau drama, anime, semuanya ada di sana. 


Selama pemakaian beberapa hari, saya mengira tidak ada yang aneh:


  1. Tampilan aplikasinya keren, bersih, tidak ada iklan mengganggu dan susunannya rapi. Banyak fitur yang membuat menonton semakin mengasyikkan. Salah satunya adalah fitur nobar atau nonton bareng

  2. Filmnya bagus, kualitasnya ada yang HD dan jernih 

  3. Subtitlenya juga oke, ada pilihan bahasa yang digunakan

  4. Sesekali muncul iklan tiap kali membuka film baru. Tapi sepanjang menonton tidak ada iklan


Ada tawaran untuk berlangganan menjadi pengguna VIP, cara memperolehnya gratis. Cukup menjalankan misi saja, nanti bisa dapat akun VIP yang bertahan selama sekian waktu. Jadi katakanlah aplikasi nonton film bernama LokLok ini gratis.


Lalu kembali ke pertanyaan, apakah aplikasi LokLok legal? Jawaban ini saya peroleh hari ini. Saat saya menonton film Jujutsu Kaisen Zero, di situ videonya aneh, seperti rekaman seseorang yang ada di bioskop. Gak mungkin kalau kualitas gambar Jujutsu Kaisen sendiri yang begitu. Mana mungkin wajah Gojo sampai bersinar terang seperti kena pantulan cahaya sampai membuat wajahnya jadi tidak kelihatan, cuma putih terang saja? Padahal kondisinya waktu itu wajahnya tidak terkena terik matahari.



momen ketika lagi ngerekam tapi kamera hp gak fokus

Mana mungkin aplikasi legal nonton film malah menayangkan film bajakan yang direkam penonton di bioskop? Selain itu, ada beberapa alasan lain yang membuat Lok Lok diragukan kelegalannya:


Pertama, film-film yang rilis pada platform streaming, tidak sembarangan bisa tayang di seluruh platform nonton. Ini gak seperti bioskop, yang kalau ada film baru, maka tayang diseluruh bioskop Indonesia. Tidak begitu! Contoh, ada sebuah film rilis di Netflix, beberapa platform streaming seperti Viu, Disney Star, Amazon Premier dan lain-lain, biasanya tidak tayang di sana. Apalagi jika film itu adalah film original yang dibuat oleh platform streaming itu. Pasti sangat dilarang keras tayang di aplikasi lain. Prinsip tersebut bertabrakan dengan kerja LokLok yang menayangkan semua film, drama, anime dari Netflix, Disney Star, Amazon, Viu dan lain-lain pada satu tempat yang sama.


Kedua, coba perhatikan siapa pengunggah film-film di aplikasi itu. Kebanyakan adalah akun-akun pengguna, bukan diunggah langsung oleh pemilik atau admin LokLok. Itu berarti, kamu bisa upload film di sini tanpa terkena hak cipta karena aplikasi ini tidak memedulikan copyright.


Ketiga, terletak pada subtitlenya. Saya pernah menemukan subtitle promosi saat film sedang tidak menunjukkan scene mengobrol. Iklannya gak jauh-jauh dari barang jualan atau jasa. Jadi sensasinya seperti sedang nonton film di situs ilegal. Atau subtitle di Netflix, Disney, Amazon, Viu memang seperti ini? 



Bukan berarti karena LokLok ada di PlayStore membuat aplikasi ini menjadi legal. Bahkan banyak aplikasi di PlayStore streaming drama Korea ilegal, film Jepang, China, Thailand yang ilegal tapi aplikasi itu tersedia di PlayStore.


LokLok ada di PlayStore itu bukan karena alasan dia legal. LokLok cuma sebatas aman. Maksud dari aman adalah aplikasi LokLok tidak akan merugikan ponsel Anda, tidak menunjukkan adanya serangan malware, atau virus. LokLok aman, tapi dia ilegal. Begitulah kesimpulannya.


Post a Comment

© Tsubete. All rights reserved. Developed by Jago Desain

Pemblokir Iklan Terdeteksi

Matikan adBlock anda untuk dapat mengakses situs ini.

translate to english