Apa Itu Ending Fairy di Dunia per-Kpop-an?

Ending fairy adalah... dan siapa trendsetternya?
ending fairy adalah....

Ending fairy mungkin masih asing di telinga kamu. Istilah ini seperti masih baru, padahal sudah lama digunakan sejak 6 tahun lalu, yaitu tahun 2016. 


Trendsetter (orang paling awal menerapkan trend) dipercaya adalah Jung Chaeyeon dari Produce 101. Saat membawakan lagu Into The New World milik SNSD, di video yang berfokus pada dirinya, ditemukan dia sedang melakukan eye contact dengan kamera pada ending setelah dia menyelesaikan lagu.



Sejak saat itu, istilah ending fairy dipergunakan dan menjadi trend yang mulai digunakan idol lain. Bahkan beberapa idol melakukan lawakan lucu dari ending fairy ini. Tapi apa sebenarnya arti ending fairy dalam dunia Kpop?


Apa Itu Ending Fairy?


Ending fairy adalah sebuah julukan yang diberikan kepada member grup atau band yang mendapatkan tembakan close up kamera di wajahnya pada penampilan akhir mereka.  Hanya satu member yang disorot (pada dasarnya begitu), dan dalam beberapa detik, member itu akan bertatapan dengan kamera, lalu menunjukkan pesona terdahsyat yang membuat penonton menjerit.



Dulunya, ending fairy diberlakukan untuk member yang memegang peran visual atau center di grupnya, tapi secara inklusif, siapapun bisa diclose up untuk menjadi ending fairy pada akhir penampilan musik live mereka.


Trend ini dimulai oleh Jung Chaeyeon, lalu diteruskan lagi dan semakin populer saat salah satu anggota SHINee yaitu Key membuat lawakan soal trend tersebut.



Saat kamera menyorot dirinya, dia membuat dirinya seperti orang kehabisan napas karena lelah ngedance. Grup lain mulai ikut-ikutan, membuat versi ending fairy yang lebih kreatif dan bobrok. Ada banyak versi ending fairy setelah itu. Sebagian grup saat ending fairy memilih untuk tampil cantik/tampan dengan normal, sebagian lagi malah ngelawak.


Terus Key dari boy group SHINee viral lagi karena melakukan ending fairy sambil membawa secarik kertas berisi pesan manis. Member grup lain ikutan, mereka memberikan pesan-pesan manis kepada penggemarnya yang membuat para fans tertawa atau tersipu.



Itulah arti ending fairy atau pengertiannya. Selain ending fairy, kayaknya juga ada istilah beginning fairy. Yaitu sebutan untuk orang yang disorot kamera pada awal penampilan mereka.


Oh iya, kenapa ending fairy disebut sebagai fairy (peri)? Kenapa memakai istilah itu? Saya tidak begitu tahu, tapi hey, bukannya idol-idol Korea itu mirip peri? Kecantikannya, ketampanannya, sangat unreal, tidak nyata. Melihat mereka seperti melihat dunia fantasi dimana pangeran penunggang kuda putih… malah ngehalu. Oke, dadah.


Post a Comment

© Tsubete. All rights reserved. Developed by Jago Desain

Pemblokir Iklan Terdeteksi

Matikan adBlock anda untuk dapat mengakses situs ini.

translate to english