Makna Lagu Mary on a Cross, Tentang Seks? Ganja? Atau Cinta?

Lagu Mary on a Cross soal oral.
makna lagu mary on a cross

Saya benar-benar bingung memahami makna lagu Mary on a Cross (Maria di kayu salib). Dari judulnya tercium seperti ada sangkut-paut agama. Andai bisa mengintip isi kepala Papa Nihil atau nama aslinya Tobias Forge (vokalis band Ghost, atau penyanyinya), saya ingin mengetahui secara jelas maksud lagu Mary on a Cross versi dia itu bagaimana?


tobias forge/papa nihil

Ada 3 makna yang saya pahami soal lagu Mary on a Cross, yaitu:


  1. Tentang seks atau oral yang ditujukan kepada Mary atau Maria. Pertanyaannya, siapa Maria yang dimaksud? Apakah Maria Virgin? (Ibu Nabi Isa atau di Kristen itu Ibunya Yesus) atau Maria Magdalena? 

  2. Tentang ganja, Mary on a — Mariyuana — Marijuana (?)

  3. Tentang cinta, atau cuma lagu romantis yang menerima pasangan apa adanya. Salah satu penggalan liriknya: "Kecantikanmu tidak pernah membuatku takut".


Tentang alasan kenapa bisa dimaknai begitu, akan saya jabarkan di bawah. Saya tidak yakin 100% soal makna lagu Mary on a Cross di artikel ini. Paling hanya 80% saja, karena maknanya membingungkan dan terlalu ambigu. Tolong benarkan saya, jika salah.


Makna Lagu Mary on a Cross Tentang Seks?


Kenapa makna lagu Mary on a Cross itu soal seks? Dibuktikan oleh lirik ini: 


"You go down just like Holy Mary

Mary on a, Mary on a cross

Not just another Bloody Mary

Mary on a, Mary on a cross

If you choose to run away with me, i will tickle you internally

And I see nothing wrong with that"


"Anda turun seperti Holy Maria

 Maria di atas, Maria di kayu salib

 Bukan hanya Bloody Mary lainnya

 Maria di atas, Maria di kayu salib

 Jika Anda memilih untuk melarikan diri dengan saya, saya akan menggelitik Anda secara internal

 Dan saya tidak melihat ada yang salah dengan itu"


Bloody Mary itu apa ya? Saya cari artinya tapi tidak ada yang sesuai dengan lagu. Apakah minuman alkohol? Penyihir? Atau Bloody Mary itu Mary yang lain? (Ini kebingungan saya yang masih belum bisa terjawab).



Dari lirik di atas, "You go down just like Holy Mary", Maria yang membungkuk, dia membungkuk di depan salib yang mana Yesus ada di atasnya. Yesus kan disalib ya, jadi, tangannya dan kakinya diikat.


Maria membungkuk, atau anggap dia lagi berlutut di depan Yesus yang lagi disalib. Sehingga posisi kepalanya itu dekat dengan nganu yang disalib di atasnya. Lalu terjadilah giving head, ini slang (bahasa gaul) dari bl*w job atau oral, yang memakai mulut itu lho. Maaf kalau bahasa saya kasar.


Di bagian "Not just another Bloody Mary", bisa juga diartikan sebagai saat dia giving head atau oral, tidak seperti wanita yang lain atau dia tidak giving head ke wanita lain. (Saya masih bingung bagian ini).


Lalu ada lirik ini, "tickle", menggelitik secara internal, bagian ini kentara banget mesumnya. Soalnya pada konser Ghost, sang vokalis pernah tanya ke penontonnya begini:


"Do you want your taints tickled?!" Penontonnya pada teriak mau dong.


Papa (vokalis Ghost) tanya lagi, "Did you have your taints tickled? Did it feel good? I love tickling your taint!"


Yang dia maksud gelitiki itu sesuatu yang bisa ngasih efek geli, kenikmatan…. Jadi bagi Ghost, kosa kata 'tickle' itu mengarah ke hal mesum. Bukan ke gelitikan yang bikin ngakak. Bagian yang terasa digelitik di lagu ini adalah tenggorokan Maria. 


"Ngapain tuh?"


Bagaimana menurut kamu? Apa maknanya terlalu jauh? Banyak yang memaknai lagu Mary on a Cross begini, soal oral atau seks dengan mulut.


Kalau maknanya memang benar begitu, bukankah rasanya sangat tidak pantas? Agama saya enggak Kristen, jadi tidak merasa dihina oleh lagu Ghost ini yang menceritakan Yesus melakukan 'begituan' dengan Maria. Fakta di agama saya, Yesus adalah Yudas Iskariot. Saat dia mengkhianati Nabi Isa, Allah membuat wajahnya mirip dengan Nabi Isa, lalu Nabi Isa disembunyikan di langit, dan Yudas lah yang saat itu disalib, bukan Nabi Isa.


Tak terlepas dari itu, siapakah sosok Maria yang disinggung di lagu ini? Apakah ibu Yesus? Yaitu Maria Virgin? Ataukah Maria Magdalena yang merupakan pengikut Yesus?


Mustahil jika ibunya yang melakukan tindak asusila tersebut. Sudah pasti yang dimaksud adalah Maria Magdalena. Ada sejarah mengatakan Maria Magdalena adalah istri Yesus, mereka pernah berhubungan badan, tapi ini masih diragukan kebenarannya.


Yang jelas, menurut keyakinan orang Kristen, Maria Magdalena orang yang menyaksikan penyaliban Yesus, serta kebangkitannya. Mereka dekat antara satu sama lain, kedekatannya membuat murid-murid Yesus cemburu. Kemudian ada semacam rumor, mengatakan dia mantan pelacur yang sudah bertaubat.


Jika Maria Magdalena seorang pelacur? Kenapa di lirik tertulis Holy Mary? Bukankah lebih pantas Maria yang dimaksud adalah Maria Virgin yang tidak pernah berhubungan intim tapi bisa hamil? Faktanya, meski dulunya pelacur, tapi Maria Magdalena dihormati sebagai orang kudus atau suci.


Pada tahun 1969, hari peringatan Maria Magdalena selaku tokoh yang dianggap sama dengan Maria dari Betania dan 'perempuan berdosa' tanpa nama dihilangkan dari Kalender Gereja Roma, tetapi anggapan bahwa Maria Magdalena adalah seorang mantan pelacur tak kunjung lekang dari ingatan umum. Maria Magdalena dihormati sebagai orang kudus oleh Gereja Katolik, Gereja Ortodoks Timur, persekutuan gereja-gereja Anglikan, dan gereja-gereja Protestan bermazhab Lutheran (sumber: Wikipedia).


Jadi kesimpulannya, Mary on a Cross adalah tentang giving head antara Yesus dan Maria Magdalena. 


Makna Lagu Mary on a Cross Tentang Narkoba Ganja? 


Buktinya ada di lirik ini:


"Mary on a–"


Dengarkan baik-baik cara vokalis Ghost menyanyikannya. Terdengar seperti, "Mariyuana" sebutan lainnya adalah "Marijuana", yaitu sejenis obat-obatan terlarang (narkoba) jenis ganja.


Pada lirik ini:


"The truth of the matter is I never let you go,” (kecanduan)


"You go down just like Holy Mary" (menggambarkan perasaan ilahi yang ia dapatkan tentang si Mary, seperti "Mariyuanaku yang agung")


"Mary on a, Mary on a cross" (Mariyuana, Marijuana, atau ganja)


"Not just another Bloody Mary" (Bloody Mary di sini sepertinya diartikan minuman alkohol. Bukan sekadar minuman lain, ini spesial)


"Your beauty never, ever scared me" (Dia menyadari tidak ada yang salah dengan perasaan ini. Tidak salah jadi pecandu?)


"If you choose to run away with me, I will tickle you internally. And I see nothing wrong with that" (Bagian ini bikin saya agak bergidik ngeri. Bait tersebut menjadi pov si Mary (ganja), dia bilang kepada penyanyi, "Jika kamu memilih untuk melarikan diri dengan saya, saya akan menggelitik kamu secara internal. Dan saya tidak melihat ada yang salah dengan itu." Jika kamu membawa si ganja ini pergi bersamamu, dia akan membuatmu kenikmatan. Huh, ngeri.)


ciri khas mereka, tanda salibnya dibalik

Dimaknai sebagai lagu seks atau lagu soal narkoba, keduanya sama-sama masuk akal. Karakter dan image Ghost yang aneh juga sangat mendukung untuk membuat lagu-lagunya senegatif itu.


Makna Lagu Mary on a Cross Soal Cinta?


Saya sempat memikirkan ini, kenapa maknanya merujuk ke hal negatif terus? Meski kenyataannya terasa masuk akal untuk dimaknai demikian.


Apakah tak ada makna yang lebih normal, yang manis dan atau bermakna perasaan tulus?


Pada penggalan lirik ini:


"Your beauty never ever scared me, Mary on a, Mary on a cross" (kecantikanmu tidak membuat saya takut, Mary di atas, Mary di kayu salib)


Bukankah lirik itu cukup romantis untuk membuat lagu Mary on a Cross bermakna sebagai "Kecantikanmu tidak pernah membuatku takut" (?)


Berkaitan soal itu, Ghost ternyata membuat alternatif versi lagu Mary on a Cross. Tujuannya, dia ingin lagunya bisa dinikmati oleh semua pengguna TikTok. Sejak viral di TikTok, Mary on a Cross telah menerima pengaruh besar di Spotify (sekarang 57 juta) dan Apple Music (4 juta), begitulah data-datanya saat artikel ini ditulis. 




Di TikTok, orang-orang berpusat pada lirik "kecantikanmu tidak pernah membuatku takut". Dari lirik tersebut, kita belajar bahwa, semua orang itu cantik, tidak ada orang dengan fisik menyeramkan, jadi jangan takut dengan mereka. Maksud kosa kata takut di sini disarankan jangan membullynya. Jaga ketikan dan lisan kamu. Nothing wrong with that, gak ada yang salah dengan menjadi jelek. 


mary yang dimaksud lagu ini bukan dia, tapi maria magdalena

Tadi di FYP saya muncul video soal Mary Ann Bevan, lalu berputar backsound lagu Mary on a Cross. Saat lihat video itu, saya buru-buru membuat artikel ini, berpikir maknanya soal kencantikanmu tidak pernah membuat saya takut. Tapi ternyata salah.


Berbagai sumber yang saya baca, dari mulai Reddit, situs berita, situs lirik Genius, dari beberapa pengguna TikTok juga. Lagu ini memang soal seks (sebagian berteori tentang narkoba). 


Saya sendiri lebih condong memaknai lagunya soal seks. Jadi, agaknya lucu jika dipakai lagu sedih. Gak nyaman juga muter lagu soal beginian. Malah parahnya, ada yang bilang lagunya soal satanis. Saya bingung itu benar atau tidak. Silakan cari sendiri terkait masalah tersebut. Dari image mereka memang lekat soal satanic (penyembah setan), di mata fans juga nih band mesum parah. Banyak meme soal mereka tentang hal-hal tidak senonoh.











Pro dan Kontra


Maaf jika ada kalimat saya yang negatif atau terlihat seperti menghina kepercayaan orang lain. Yang saya katakan di sana, merupakan teori soal makna lagu Mary on a Cross. Ini masih sebatas teori, karena belum ada keterangan dari penulisnya langsung. Saya hanya mengutip pendapat kebanyakan oramg dan pendapat saya mengenai teori ini.


Saya sedikit bernapas lega karena yang digambarjan bukan Ibunda Maryam (Ibu Nabi Isa A.S) tapi Maria Magdalena. Selain itu Yesus bukanlah Nabi Isa, jadi saya santai-santai saja karena bukan tokoh dari agama Islam yang dilecehkan begini. Akan tetapi, jika saya berpikir begini, berarti saya tidak menghormati agama orang lain. Maafkan saya. Saya harap, kalian menemukan jalan keluar terbaik untuk memperlakukan lagu ini sebagaimana mestinya.


Lagu ini sangat menjijikkan. Tapi banyak yang masih menyangkal itu.


Orang-orang yang kontra, mengatakan kalau Mary yang berlutut di depan Yesus sedang melakukan doa. Tapi bagaimana soal 'tickle'? Kenapa Maria yang berdoa merasa digelitiki? Apa memang hanya berdoa? Atau hal lain?


Adapun pihak yang mengatakan maknanya terlalu gak waras dan gila. Ya! Memang gak waras. Tapi coba lihat lagi penyanyinya. Lihat kelakuannya saat konser, lihat imagenya, lihatlah dia dengan bangga membawa spanduk hail satan (pemuja setan). Apa itu waras menurutmu?


2 comments

  1. makna 1 dan 2 pemikiran orang sakit udah jelas tentang kisah romantis
    1. Malah makna yang ketiga yang dipaksakan. Gak ada satu pun sumber memaknai lagunya soal kisah romantis. Makna ketiga cuma alternatif aja.
      You can check my sumber:
      1. https://www.reddit.com/r/Ghostbc/comments/d3pewx/mary_on_a_cross_a_love_song_to_pot/?utm_medium=android_app&utm_source=share
      2. https://www.reddit.com/r/Ghostbc/comments/d3h5vs/does_mary_on_a_cross_have_quite_some_blasphemous/?utm_medium=android_app&utm_source=share
      3. https://www.tiktok.com/@commonpolandw/video/7132216541952724230?_t=8VCtJR2KFl3&_r=1
      4. https://www.tiktok.com/@dark.but.disney/video/7132213271284731142?_t=8VCtFCjZimw&_r=1
      5. https://www.tiktok.com/@dark.but.disney/video/7133180412129594629?_r=1&u_code=d4m9c4c9f937la&region=NL&mid=7133180400801762054&preview_pb=0&language=id&_d=dk7mfh8b7mk46e&share_item_id=7133180412129594629&source=h5_t&timestamp=1661679557&user_id=6661487825542397954&sec_user_id=MS4wLjABAAAAcPMErjDJMXzkqolKAwNllD2h8OLDyMH4cYU95y_RndTr8iHmM2FNjStHJt3U_yMh&utm_source=copy&utm_campaign=client_share&utm_medium=android&share_iid=7110556196390700827&share_link_id=b7a968fd-2a99-4f70-9321-a431009ff952&share_app_id=1180&ugbiz_name=Main
      6. https://www.tiktok.com/@iskagurl/video/7135410127519239451?_t=8VCtL3ABiyX&_r=1
      7. https://www.tiktok.com/@rouennee/video/7131380917892828422?_t=8VCtM29hY6D&_r=1
      8. https://www.tiktok.com/@poisonjacky/video/7131833041588145414?_t=8VCtN03amnJ&_r=1
      9. https://www.songmeaningsandfacts.com/ghosts-mary-on-a-cross-lyrics-meaning/
      10. https://songmeanings.com/songs/view/3530822107859595290/
      11. https://genius.com/Ghost-mary-on-a-cross-lyrics
© Tsubete. All rights reserved. Developed by Jago Desain

Pemblokir Iklan Terdeteksi

Matikan adBlock anda untuk dapat mengakses situs ini.

translate to english