5 Cara Ngeblog di HP Android Berdasarkan Pengalaman Saya

Ngeblog dengan HP itu sangat memungkinkan. Semua hal bisa dilakukan dari HP.
cara ngeblog di HP

Blog yang kamu lihat dan baca ini saya buat dengan mengoperasikan Android. 100% saya ngeblog di HP, dari mulai membuat artikel, membuat thumbnail gambar, bahkan mengedit CSS.


Dulu awal ngeblog itu pas kelas 3 SMP/MTS. Perangkat yang saya gunakan saat itu adalah Nokia 220. Sistem operasinya masih memakai Symbian. Segila apa saya dulu. Itu kenangan paling manis. Saya mulai merasa hidup lagi saat momen tersebut. Jika kamu tertarik membaca cerita pengalaman saya, silakan baca di bawah ini. Jika tidak, langkahi saja.



Pengalaman Ngeblog di HP Android dari Tahun ke Tahun


14 Maret 2016, adalah hari bersejarah saya. Karena saya menemukan cara gila ngeblog lewat HP symbian. Ngetik pake keyboard abc defg hijk, wkwk seru banget dulu. Setiap posting saya cuma bisa nulis sebanyak 100 kata. Lalu apa yang saya tulis dulu pada blog pertama saya? Yaitu flash fiction. Sejenis karya fiksi yang populer di Twitter, yang gak lebih dari 100 kata. Cerita pendek yang sangaat pendek.


Yang saya lakukan waktu itu adalah menemukan platform ngeblog lewat HP. Ketemulah, namanya "mywapblog.com", platform tersebut dimiliki orang India. Sebelum daftar, saya harus memiliki email. Ini salah satu tantangan sulit saya dulu. Saya mulai berselancar di Internet, mencari trik membuat email dari HP symbian. Terus ketemu, dan jadilah email tersebut.


Saya daftar, dan blog tersebut jadi dengan alamat "ainunmates.mywapblog.com". Setiap ada waktu saya posting flash fiction. Pas itu kena kritik dari teman literasi saya, karena setiap nulis saya menyingkat 'yang' menjadi yg dan 'dengan' menjadi dg. Akhh, saya pun menjelaskan kalau saya melakukan itu supaya bisa menghemat jumlah kata. Setelah itu saya berjanji, kalau punya HP baru, saya bakal memperbaikinya. Terus tahun kapan gitu, sudah saya perbaiki.


Sebuah kabar buruk tersiar. Platform ngeblog lewat HP itu akan dihapus. Saya pasrah dengan karya-karya saya, terbuang pun silakan. Karena mana bisa HP symbian salin atau menyimpan teks. Gak ada aplikasi memo, tapi kayaknya dulu saya pernah simpan di badan SMS.


Terus saya inget dulu minta ditemenin Bapak saya ke warnet, terus cetak semua flash fiction saya di kertas. Tapi gak semuanya sih, karena sayang uang. 


Eh, tiba-tiba malah ada teman saya, membantu buat mengekspor tulisan saya di situs "mywapblog" ke platform ngeblog yang amat terkenal dan gak akan gulung tikar, yaitu "Blogspot". Kalau penasaran sama tulisan saya dulu, bisa cek di situs "ainunmates.blogspot.com"


Setelah dipindah ke sana, saya cuma bisa membaca. Gak mampu post karena HP gak mendukung.


Hingga suatu ketika, saya punya HP baru. Samsung Galaxy J1 Mini. Dari sini saya memulai karir menulis artikel yang lebih panjang, saya juga nulis novel dengan HP ini, cerpen dan lain sebagainya. Dulu saya fokus bukan ke blog. Soalnya males ngeblog karena persaingannya sulit waktu itu.



Hari demi hari berlalu, saya memutuskan membuat blog baru, namanya "5WPLUS1H", tapi blog itu sudah tiada karena saya jual. Agak sayang juga, itu blog kedua saya soalnya. Tapi karena saya geli dengan tulisan saya, alay banget, jadi saya jual. Uangnya saya belikan makanan dan wussh… hilang begitu saja blog yang saya asuh kurang lebih 3 atau 4 tahun.


Saya juga sudah ganti HP lagi, yaitu memakai Samsung J4+ (saya pecinta Samsung). Saya nulis artikel lewat Google Doc, terus upload ke situs Blogspot (dulu ada aplikasinya, tapi sekarang sudah tidak ada). Lebih baik langsung post ke situs, fiturnya lebih banyak dan lengkap.



Tantangan terberat waktu itu adalah edit CSS. Saya sampai merelakan ke warnet untuk edit CSS. Tapi ujung-ujungnya saya nonton YouTube di sana. Saya coba paksa edit dengan HP, yang susah adalah bagian menghapus kode-kode unik. Terus di HP kan gak ada ctrl+f, sehingga sulit mencari kode tertentu.



Lupain soal CSS, blog lama dan yang terjadi di masa lalu. Kini saya punya blog baru, yaitu ini. Blog ini blog baru saya. Blog paling niat, karena saya sampai membelikan domain. Dulu ada yang mau kasih domain gratis, hosting juga, dan lain-lain. Tapi saya tolak, karena pertimbangan, blog yang sudah ada domainnya, harus terus dibelikan domain. Kalau gak begitu, dia bakal mati. Beda sama situs yang masih ada embel-embel .blogspot.com. Dia bakal tetap ada sampai kapanpun.


Kelak jika saya meninggal dan situs ini tidak ada yang ngurus serta gak ada yang mau perpanjang sewa domain, maka takdirnya adalah kematian. Ikut mati bersama pemiliknya.



Saat membuat blog ini saya memakai HP Samsung A22. Untuk mengedit CSS, nyaman banget. Ganti template, dan hal-hal terkait tampilan. Saat membuat blog ini juga ada orang baik yang ngasih saya template Median UI. Makasih banget lho, hehe. Tampilannya jadi keren dan premium gini.


Apa yang terlihat sekarang, benar-benar 100% disetting lewat HP. 100% ini meliputi apa saja?


  1. Daftar dan buat blog

  2. Membuat header blog (dengan PicsArt)

  3. Ganti template

  4. Edit CSS (tambahkan kode, hapus kode, pasang iklan, dan lain-lain)

  5. Nulis artikel, posting artikel, dan riset

  6. Daftar ke GSC, Google News dan Google Adsense dari daftar sampai diterima

  7. Buat thumbnail atau gambar (menggunakan PicsArt atau Canva)

  8. Daftar, beli dan melakukan pembayaran saat sewa domain .com


Lalu pertanyaannya, bagaimana cara ngeblog di HP Android seperti yang saya lakukan selama ini?


Cara Ngeblog di HP Android Terbaru


Pertama-tama, kamu pilih platform ngeblognya dulu. Sekurang-kurangnya ada 2 pilihan. Blogspot atau Wordpress? Saran saya kalau pakai HP, mending Blogspot. Kalau pakai WordPress kurang maksimal kalau lewat HP.


1. Bagaimana Cara Posting Artikel dengan HP di Blog? 


Gunakan aplikasi Google Docs. Tulis semuanya di sini terus salin ke postingan terbaru di Blogspot.


Beberapa pengaturan soal huruf tebal, huruf miring, pengaturan paragraf dan numbering, tersimpan rapi saat kamu salin terus tempel. 


Saat akan posting artikel, langsung buka situs blogspot.com, terus tambahkan entri baru.


2. Bagaimana Cara Edit Template dengan HP di Blog?


Tinggal edit saja. Gunakan browser Chrome biar lebih nyaman. Masuk ke Blogspot, terus upload templatenya atau memakai template bawaan. Gak ada trik khusus.


3. Bagaimana Cara Edit CSS dengan HP di Blog?


Tantangannya adalah bagaimana cara bisa memiliki ctrl+f di keyboard kita? Ada satu cara, yaitu memakai aplikasi bernama Hacker's Keyboard. Saya pernah buat artikel soal tutorial menggunakan Hacker's Keyboard. Tampilan keyboard kita bisa mirip keyboard laptop.


Ada ctrl+f juga yang digunakan orang-orang mengganti dan mencari kode dari ribuan baris kode-kode rumit ini.


4. Bagaimana Cara Membuat Thumbnail Gambar di Blog Lewat HP?


Gunakan aplikasi PicsArt atau Canva. Gambar-gambar pendukung saya dibuat dengan aplikasi itu. Sebagian fitur bisa dipakai gratis, sebagian lagi berbayar.


Enak Canva sebenarnya. Karena dia ada template-nya, jadi tinggal ubah gambar dan tulisan saja. Beberapa menit buat bisa langsung jadi. Btw, saat buat gambar thumbnail saya memakai ukuran 16:9.


5. Cara Ngeblog dengan HP yang Lain?


Kalau mengalami kesulitan, misalnya diharuskan menggunakan laptop atau komputer, coba kamu klik titik tiga di pojok kanan browser Google Chrome kamu, terus centang bagian 'Situs Desktop'. Masalah akan terpecahkan. Tidak lagi butuh laptop, dengan HP saja sudah lebih dari cukup.


Yang saya suka ngeblog lewat HP itu bisa dilakukan sambil rebahan. 


Post a Comment

© Tsubete. All rights reserved. Developed by Jago Desain

Pemblokir Iklan Terdeteksi

Matikan adBlock anda untuk dapat mengakses situs ini.

translate to english