Cara Menambahkan Subtitle Permanen di Android atau Hardsub

Menggabung subtitle dengan video kini bisa dilakukan di Android.
my eyes met many eyes, but....

Saya sudah mencoba mengunduh beberapa aplikasi Android yang katanya bisa menyatukan subtitle dengan film atau video secara permanen. Tapi tidak ada yang cocok. Kebanyakan menggunakan software yang hanya dapat dioperasikan lewat Windows atau Mac.


Namun saya kini telah mendapatkan satu trik dari otak saya sendiri untuk mengubah softsub (subtitle dan video yang berbeda file) menjadi hardsub (subtitle yang menyatu dengan video). Berikut cara menambahkan subtitle ke video secara permanen di Android.


Cara Menambahkan Subtitle ke Film Secara Permanen di Android


Yang kamu harapkan itu subtitle yang menyatu dengan video kan? Sehingga saat diedit nanti, kita bisa memotong bagian yang kita mau tanpa takut kehilangan subtitlenya.


Jika seperti itu yang kamu inginkan, maka persiapkan  satu buah aplikasi saja. Namanya adalah Vidma Recorder. Dia adalah aplikasi perekam layar. Nanti kita gunakan aplikasi ini untuk menyatukan subtitle berformat srt/vtt dengan video berformat mp4.


Langkah 1


Sediakan file subtitle berformat srt atau vtt atau format yang lainnya beserta video atau film yang kalian miliki. 


manfaatin fitur cc pada pemutar video hp kamu

di sini saya tinggal pilih subtitlenya saja

Kamu mungkin membutuhkan aplikasi tambahan untuk memutar subtitle dan film tersebut. Tapi saya pikir HP kamu memiliki fitur bawaan ini. Khususnya HP Samsung, punya saya ada fitur namanya CC, tempat untuk mengatur subtitle dalam format yang telah ditentukan. Semua subtitle dengan format yang mendukung, akan masuk ke dalam si CC itu tadi.


Nanti kita tinggal pilih saja subtitle yang sesuai dengan film yang kita tonton.


Langkah 2


Setelah mempersiapkan video serta subtitlenya, kemudian masuk ke dalam aplikasi Vidma Recorder.


Buka bagian menu 'Pengaturan', lalu pilih 'Pengaturan Audio' dan terakhir pilih 'Audio Internal'.


pengaturan

pengaturan audio

audio internal

Kenapa harus melakukan setting ini? Gunanya agar kualitas audio dari rekam layar yang kamu lakukan hasilnya jernih. Biasanya kan kalau merekam memakai aplikasi perekam layar suara bising seperti suara ayam, kendaraan, bahkan suara napas kamu ikut terekam. Kalau memakai fitur ini, yang terekam hanya suara di dalam ponsel kamu saja.


Fitur ini tidak bisa dirasakan semua HP. Setidaknya minimal Android yang kamu gunakan sudah Android 10.


Gunakan headphone atau earphone ya, saat melakukan langkah-langkah ini. Usahakan jangan sentuh layar HP kamu agar video yang terekam seperti film pada umumnya.


Langkah 3


Cara menggabungkan video dan subtitle permanen di Android berikutnya adalah memotong bagian yang tidak perlu. Pasti di ponsel kamu ada fitur pemotong video kan?


Kalau terlalu repot, gunakan aplikasi editing video. Saya menggunakan CapCut. 


Selesai deh cara menggabungkan video dan subtitle permanen di HP. Softsub pun berubah menjadi hardsub. Kini subtitle itu telah melekat pada video. Mau video dipotong, dicepatkan atau dilambatkan, subtitle tersebut tetap mengikuti durasi videonya.


Post a Comment

© Tsubete. All rights reserved. Developed by Jago Desain

Pemblokir Iklan Terdeteksi

Matikan adBlock anda untuk dapat mengakses situs ini.

translate to english