Cara Membuat Gulali agar Tidak Keras atau Terlalu Cair

Gulali colek yang keras disebabkan kekurangan air. Gulali yang terlalu cair, disebabkan kelebihan air.
gulali colek

Gulali itu banyak jenisnya, yang saya maksud gulali yang benyek itu lho. Yang kayak slime, jajanan jadul zaman SD dulu. Dikasih es batu jadi mengeras. Makin enak kalau menikmatinya dengan soda.


Saya bulan lalu membuat gulali jenis itu, atau sebut saja gulali colek. Tapi gagal dua kali. Pertama gulali terlalu cair, tidak bisa mengental. Kedua, gagal karena gulali tersebut mengeras.


Cara Membuat Gulali Colek Anti Gagal


Kita bahas resepnya saja dulu ya, saya memakai bahan-bahan ini:


  • Gula pasir

  • Air

  • Jeruk nipis


Cara membuatnya, saya mengira-ngira semua. Kalau tidak salah gulanya 15 sendok, terus jeruk nipisnya yang bentuk gelondongan saya iris, terus bagian itu saya peras dan airnya saya tuang semua ke wajan.


  1. Pertama-tama, masukkan gula pasir dan air secukupnya ke dalam wajan

  2. Hidupkan kompor dengan api kecil. Kalau tidak api kecil 100% kamu bakal gagal

  3. Aduk-aduk sampai gulanya cair

  4. Kalau sudah cair tuangkan air jeruk nipis

  5. Aduk-aduk sampai teksturnya… teksturnya gimana ya? Pokoknya yang tadinya ada 200 ml, jadi 100 ml. Tersisa setengah airnya. Anggap seperti itu

  6. Terus dinginkan selama 2 jam jika tidak memakai kulkas, dan 1 jam jika memakai kulkas


Setelah itu, seharusnya gulali sudah jadi. Sudah mengental dan saat dicolek, teksturnya padat tapi tidak terlalu padat. Molor gitu seperti selai.


itu tanpa pewarna, jadinya kuning keemasan gitu kalau sudah matang

Apabila setelah kamu menyelesaikan langkah-langkah di atas dan ternyata gagal, misalnya gulalinya tidak mengeras dan masih cair, atau malah mengeras? Berikut adalah cara mengatasi masalah itu.


Cara Mengatasi Gulali yang Cair Tidak Bisa Padat


Jika gulali kamu cair, penyebabnya karena masih banyak kandungan air di dalam gula itu. Panaskan gulali itu di atas api kompor yang kecil, aduk-aduk sampai dirasa airnya berkurang. Terus tunggu dingin selama 2 jam atau 1 jam.


Cara Mengatasi Gulali yang Keras


Jika gulali kamu keras, penyebabnya karena kurang air. Tekstur yang kita inginkan itu kan yang seperti slime, dibutuhkan beberapa persen air lagi di dalamnya. Jika isinya 100% gula, yang ada gulali itu keras seperti permen kemasan yang kamu nikmati selama ini.


Untuk mengatasi masalah ini, silakan kamu didihkan air panas, terus taruh gulali kamu di mangkuk besi atau keramik (saya coba di keramik alhamdulillah tidak pecah mangkok saya). Lalu letakkan di atas air mendidih. Selanjutnya tunggu dia mencair. Ketika sudah mencair, tambahkan air matang secukupnya ke dalam gulali itu. Aduk-aduk, lalu angkat.


tampilan gulali saya pas saya tambahkan air

itu masih panas, harus didinginin lagi. setelah dingin teksturnya jadi makin perfect

Seperti saat kamu mendidihkan coklat, jangan langsung di atas bara api. Agar tidak semakin keras gulalinya karena kamu bakar dia lagi.


Itulah cara membuat gulali agar tidak keras atau terlalu cair. Selamat mencoba. Saya sudah berhasil membuatnya setelah mengalami kegagalan 2 kali. Sekarang saya percaya diri ikut Master Chef.


Post a Comment

© Tsubete. All rights reserved. Developed by Jago Desain

Pemblokir Iklan Terdeteksi

Matikan adBlock anda untuk dapat mengakses situs ini.

translate to english