Apa Itu NPC di Sekolah, Anime, Game dan Bahasa Gaul?

Pengertian NPC di dunia game, anime, dan bahasa gaul.
apa itu npc

Pertama kali kenal istilah NPC saat ada di dunia game. NPC adalah karakter-karakter yang tidak bisa dimainkan. Biasa ada di game RPG atau action. Yang tugasnya cuma jalan-jalan, menuh-menuhin jalan, atau jualan di pinggir jalan gitu.


Ada beberapa pengertian NPC yang banyak dipertanyakan. Seperti NPC di sekolah, NPC di anime, NPC di game dan NPC dalam bahasa gaul yang sering dipakai netizen di sosial media. Pada dasarnya konteksnya sama, yaitu NPC. NPC ya NPC, cuma lokasi dan dunianya saja yang berbeda. 


Pengertian Dasar NPC (Non Playable Character)?


NPC singkatan dari Non Playable Character. Istilah ini populer di dunia game. Sebutan untuk karakter yang tidak bisa dimainkan, karakter yang menjadi figuran, atau peran pendukung saja.


Alias, keberadaannya gak berarti. Mau ada atau tidak, ia tidak berpengaruh besar kepada dunia. Meski begitu para NPC tetap memiliki tugas. Tapi tugas ini ada di ranah game saja, seperti:


  1. Menjual item kepada kepada pemain utama atau si pemeran utama

  2. Memberikan misi

  3. Membantu dalam pertempuran

  4. Jalan-jalan di kota untuk memberikan suasana ramai


Yang paling nyesek adalah tugas nomor 4. Keberadaan NPC cuma untuk meramaikan suasana. Betapa tidak berartinya si NPC ini.


Apa Itu NPC dalam Bahasa Gaul?


Pengertian NPC dalam bahasa gaul tak terlepas dari pengertian NPC yang terkenal di dunia game. Baca sub judul di atas dulu agar lebih paham.


Jadi apa kesimpulannya? Apa itu NPC dalam pengertian yang lebih mudah dipahami atau bahasa gaul? Adalah seseorang yang keberadaannya tak memiliki arti untuk dunia ini. Katakanlah figuran, pemeran pendukung, cuma muncul sedikit di skenario dunia ini. Cuma bikin dunia terasa lebih ramai. 


NPC lawan kata dari MC. MC atau Main Character atau pemeran utama. Dia yang memberikan andil besar pada dunia. Kalau tidak ada MC, musuh utama tidak bisa dikalahkan, jika tidak ada dia, dunia tidak akan damai. 


MC kehidupannya diawali dengan keterpurukan, teeus makin lama makin bahagia. Sementara NPC, gitu-gitu aja, lempeng, datar, bahkan terpuruk terus. 


Contoh NPC dan MC di dunia nyata itu seperti Presiden (MC) dan tukang cendol yang jualan di pinggir jalan (NPC). Si NPC bisa saja membantu Presiden mendamaikan dunia dengan memberikan cendol gratis, lalu setelah itu, keberadaannya tak penting lagi. Karma yang rapat dengan kedutaan adalah Presiden, yang memberikan keputusan Presiden, yang tanda tangan Presiden. Tidak ada tukang cendol yang ikut pada rapat.


mc

npc

NPC itu kayak, pemeran dalam sebuah film yang jarang ada perannya, kalaupun kesorot kamera paling tangannya aja yang kelihatan.


Apa Itu NPC di Sekolah?


Jika NPC di sekolah, berarti NPC-nya adalah orang-orang yang gak pernah dianggap di sekolah. Yang keberadaannya ada ataupun tidak ada, itu tidak penting. Hawa keberadaannya tipis, tidak populer, namanya tidak diingat guru, suka menyendiri, duduk di pojok kelas, wkwk.



Contohnya, primadona sekolah (MC) dan kutu buku yang suka menyendiri (NPC). Kadang mungkin si kutu buku akan membantu MC mengerjakan tugas-tugas sekolah, lalu setelah itu dia tak tampak lagi. Laki-laki tergila-gila pada MC, mereka memuja kecantikan, banyak yang mengirim surat, coklat atau bunga ke bangku MC. Kasus lebih parah lagi, bisa saja si NPC ini jadi tukang kirim surat buat para cowok yang mengejar MC tersebut.


Apa Itu NPC di Game?


NPC di game adalah karakter yang tidak bisa dimainkan. Mereka terprogram dengan script, memberikan perintah atau bisa melakukan tugas tertentu sesuai dengan programnya. Tidak bisa melakukan kehendak di luar daripada itu. Keberadaannya membantu (sedikit membantu) pemeran utama atau MC.



MC di game adalah karakter yang bisa digerakkan. Contohnya di Genshin Impact, MC-nya adalah Aether dan Lumine. Sementara NPC-nya adalah para warga yang jalan-jalan gak jelas, yang jualan tomat, apel, jual senjata, yang keberadaannya hanya untuk meramaikan. Seeta menjalankan tugas yang sangat kecil sekali.


Apa Itu NPC di Anime?


Kalau di anime, pengertian NPC sedikit berbeda. Bukan cuma orang yang gak memiliki peran lebih, tapi NPC di anime bisa berarti orang yang sial terus. 


Ciri-ciri MC di anime, awalnya menderita terus makin lama beruntung, beruntung, beruntung dan beruntung. Saat memungkinkan untuk mati pun, dia berhasil selamat. Beda dengan NPC, dia bisa sial berturut-turut, menderita sepanjang episode, bahkan mati konyol. Masih mending NPC anime yang tugasnya jualan buah, atau tukang angon kuda. 



Contoh NPC dan MC di anime, saya ingin memberi contoh pada anime Black Clover. Sedih banget sama anime ini, karena Asta yang saya pikir MC, makin kesini kok makin-makin. Malah kabarnya Yuno yang dibuat MC. Coba lihat bagaimana peruntungan keberuntungan dari karakter anime ini:


Yuno:


  • Lahir di panti asuhan

  • Berbakat, punya buku sihir (grimoire) semanggi daun 4 (buku grimoire terbaik)

  • Ia diterima di guild ksatria sihir terbaik

  • Awalnya diremehkan karena dia dari panti asuhan, terus lama-lama disegani

  • Ikut membantu melindungi kota dari serangan sihir bersama Asta, dan dia semakin disegani sejak hari itu

  • Mendapatkan jurus baru

  • Ternyata dia adalah Pangeran dari sebuah kerajaan yang dititipkan di panti asuhan. Dengan kata lain, dia bukan rakyat jelata


Asta:


  • Lahir di panti asuhan

  • Tidak berbakat, tidak punya energi sihir sedikitpun

  • Awalnya dia tidak punya grimoire, terus punya semanggi daun lima yang dikatai aneh 

  • Asta diterima di guild ksatria sihir terburuk. Itu pun dia hampir tidak berhasil

  • Awalnya diremehkan karena dari panti asuhan, dan seterusnya terus terus terus diremehkan sampai sekarang

  • Ikut membantu melindungi kota, dia berkorban paling besar daripada Yuno, tapi setelah berhasil melindungi kota, dia malah diadili dan hampir dihukum mati

  • Mendapat jurus baru dan dirasuki iblis setelah dia berusaha keras untuk menaklukkan iblis itu

  • Dia anak seorang wanita biasa-biasa saja, iblis yang merasukinya juga iblis lemah di bangsanya

  • Wanita yang Asta cintai diubah menjadi iblis dan meminta dirinya untuk mati



Asta jadi kayak anime yang nunjukin sudut pandang kehidupan NPC selama ini. NPC yang sering kesorot kamera. Mending kamu jadi villain (penjahat) aja Asta, takdir bener-bener sialan ke kamu. Saya jadi curhat. 


Kalau kamu bingung maksud dari MC dan NPC dari contoh di atas, mari saya berikan contoh yang lebih mudah. Yaitu karakter di anime Naruto, si MC adalah Naruto itu sendiri dan NPC-nya adalah orang ini. Saya tidak tahu namanya. Saking NPC-nya, namanya pun saya tidak tahu.



Itulah pengertian NPC di dunia kita ini, dunia anime, dunia nyata, dan dunia game. Kamu masuk dalam bagian apa? NPC atau MC? Kalau saya adalah NPC di kehidupan orang lain, tapi MC di kehidupan saya sendiri. "Enpici enpici gini saya bahagia."


Post a Comment

© Tsubete. All rights reserved. Developed by Jago Desain

Pemblokir Iklan Terdeteksi

Matikan adBlock anda untuk dapat mengakses situs ini.

translate to english