Makna Lagu Atlantis Seafret, Seseorang yang Kehilangan Atlantisnya

Lagu Atlantis Seafret menceritakan tentang sebuah kehilangan. Kehilangan apa? Bisa dimaknai sebagai kehilangan sesuatu atau seseorang.
makna lagu atlantis by seafret

Dude, lagunya bikin saya sedih. Padahal lirik dan maknanya tidak relate dengan kisah percintaan saya. Tapi apakah lagu ini soal percintaan saja? Oh no, oh no, oh no. Ternyata lebih relate ke kehidupan saya, pantes nyesek. 


Makna lagu Atlantis Seafret ini ada kaitannya dengan kehilangan seseorang/sesuatu. Lebih jelasnya soal lagu ini, mari kita bahas di subjudul berikutnya. 


Makna Atlantis Pada Lagu Seafret


Atlantis dijadikan sebagai judul lagu dan disebut berulang-ulang, "I can't save my Atlantis, we fall…." Karena terus diulang, saya jadi penasaran apa makna Atlantis ini.


Atlantis menurut Wikipedia adalah sebuah pulau fiksi, tapi bagi sebagian orang masih mitos, ada yang mempercayainya dia dulu ada, tapi sekarang telah menghilang tenggelam di lautan yang luas. Atlantis digambarkan sebagai kota yang sangat indah, kaya, dan subur. Kota itu memiliki gedung dengan arsitektur indah, bangunan yang dipadukan dengan batu hitam dan merah, mereka juga mempunyai akses ke logam langka, kuningan dan kristal.


Kalau pernah nonton Spongebob pasti tahu indahnya Atlantis itu gimana. Tapi di Spongebob itu jelas dibikin fiksi banget, tapi kurang lebih, Atlantis itu kota yang indah.


Kota Atlantis, dijadikan representasi Seafret untuk menyebut dunianya yang indah. Gak lagi nyebut "my world, i can't save my world", itu terlalu biasa, lebih bermakna kalau dia memakai istilahnya sendiri, yaitu dengan menggunakan kata "Atlantis" itu tadi. Ini berdasarkan penilaian saya sendiri, maaf kalau salah.


Atlantis bagi Seafret maknanya masih semu, mungkin Atlantisnya adalah wanita, atau mungkin masa mudanya?


Bagaimana dengan kamu, apa makna Atlantis buatmu? Apakah tentang wanita/pria, seseorang yang lain (ibu/bapak), sesuatu (masa muda misalnya), atau waktu? Apa yang membuatmu berpikir "saya tidak bisa melindungi Atlantis saya?" Dan sudahkah kamu menghancurkan Atlantis itu? Semoga belum, dan semoga kamu bisa menjaganya dengan baik.


Kalau saya, Atlantis itu adalah masa muda saya, kepolosan, kemurnian hati, kesabaran saya, ketakutan saya…. Saya telah kehilangan semua itu. Oh no, Atlantis itu telah hancur. Saya membangunnya di atas tanah yang goyah. 


Makna Lagu Atlantis by Seafret Menceritakan Tentang Apa?


Lagu ini dirilis 7 tahun lalu, berarti tahun 2015. Baru viral sekarang karena TikTok. Jika mempelajari lirik lagunya, jelas ini menceritakan tentang kehilangan sesuatu. Saya bertanya-tanya, 'sesuatu' seperti apakah itu? Cinta? Kehidupan? Kenangan?  Seseorang?


Setelah melihat video klip resmi lagu ini, orang kebanyakan memaknai lagu Atlantis Seafret yang menceritakan tentang kehilangan kepolosan dan tumbuh dewasa menghadapi dunia nyata, dimana semuanya tidak selalu baik-baik saja.


Bayangin deh, kamu dengerin lagu ini di tepi laut terus ngelamun sambil mengingat kembali masa-masa kehilangan itu. Dulu kita muda ya, sekarang udah tua. 


"I can’t save us, my Atlantis, we fall,

We built this town on shaky ground,

I can’t save us my Atlantis, oh no,

We built it up to pull it down"


"Aku tidak bisa melindungi kita, Atlantisku telah jatuh. Kita membangun kota ini di atas tanah yang goyah. Aku tidak bisa menyelamatkan Atlantisku, oh tidak. Kita membangunnya untuk meruntuhkannya."


Makna lagu Atlantis by Seafret bisa dimaknai lebih luas lagi. Apalagi ini lagu, maknanya bisa ditentukan sendiri tergantung kondisi pendengar. 


Selain makna tentang kehilangan momen-momen masa muda yang indah,  Atlantis by Seafret menceritakan tentang kehilangan wanita/pria yang sangat kita sayangi, tapi kita tidak bisa membuatnya kembali bersama kita atau membangun Atlantis itu kembali (memperbaiki hubungan) karena sesuatu yang telah diucapkan pada dasarnya tidak bisa ditarik kembali.


"Cause in my heart and in my head

I'll never take back the things I said

So high above, I feel it coming down

She said, in my heart and in my head

Tell me why this has to end

Oh, no, oh, no"


"Karena di hatiku dan di kepalaku

 Aku tidak akan pernah menarik kembali hal-hal yang aku katakan

 Begitu tinggi di atas, aku merasakannya turun

 Dia berkata, di hatiku dan di kepalaku

 Katakan padaku mengapa ini harus berakhir

 Oh, tidak, oh, tidak"


CMIIW atau correct me if i'm wrong, benarkan saya jika saya salah memaknai lagu ini. Sekarang saatnya menggalau, dadah.


Post a Comment

© Tsubete. All rights reserved. Developed by Jago Desain

Pemblokir Iklan Terdeteksi

Matikan adBlock anda untuk dapat mengakses situs ini.

translate to english