Apakah Pasir Pantai dan Pasir Bangunan Bisa untuk Kucing?

Bolehkah menggunakan pasir bangunan untuk kucing?
kucing lagi pup

Kalau kucing kampung bisa buang kotoran di mana saja yang penting menemukan tempat kering buat menggali. Seperti tanah, pasir, atau tepung terigu. Kalau kucing ras, bisa saja kalau dilatih. Meski kebanyakan kucing ras itu manja-manja.


Yang penting tempatnya kering, dan mudah digali. Bahkan buang kotoran di atas selimut pun bisa. Kucing saya pernah ngelindur malam-malam gali di atas selimut saya yang warna coklat, abis itu dia pup. Seketika saya trauma tidur bareng kucing.


Apakah Pasir Pantai dan Pasir Bangunan Bisa untuk Kucing?


Jawabannya bisa. Kucing bisa pup di mana saja. Sebenarnya kucing gak pilih-pilih tempat buat eek, tapi masalahnya itu ada di kamu. Kamu benar-benar ikhlas kucingmu pipis atau eek di sana?


Soalnya kucing yang pup di pasir pantai atau pasir bangunan, tidak bisa membuat pasir menggumpal, terus susah dibersihkan dan bau. Ini nyusahin banget, belum lagi kalau abis eek pasirnya nempel di pantat. Atau malah terburuknya dia mencret.


Orang-orang menggunakan pasir gumpal, tujuannya buat mempermudah proses pembersihan. Selain itu mengurangi bau. Ada pasir gumpal versi biasa saja dan yang wangi. Kalau ditaruh kamar, kamu gak akan kebauan dengan kotoran si kucing.


Selain itu, tekstur pasir pantai itu terlalu lembut. Saya pikir ini bakal lebih mudah menempel di bulu kucing atau bagian pantatnya yang basah. Kalau pasir bangunan masih mending. 


Lebih ringkasnya saya berikan beberapa poin-poin kekurangan menggunakan pasir bangunan untuk kucing dan pasir pantai:


  • Pasir pantai dan pasir bangunan tidak bisa menggumpal kalau terkena benda basah (terlebih pipis kucing), sehingga sulit mengetahui mana pasir kotor dan bersih

  • Pipis bisa melebar kemana-mana karena daya serap pasir yang buruk. Ujung-ujungnya sulit memilah mana pasir bersih dan yang sudah kena kucing

  • Kurang nyaman untuk kita yang memelihara kucing di dalam rumah

  • Tidak bagus untuk kebersihan kucing pada sela-sela kaki atau badannya

  • Butiran pasir pantai dan pasir bangunan sama-sama halus. Takutnya saat kucing menggali membuat pasir itu masuk ke pernapasan. Untuk jangka panjang tidak baik untuk kucing


Butiran pasir kucing gumpal itu lebih besar, jadi tidak mungkin masuk ke pernapasan. Terus karena butiran-butiran yang besar itu, daya serapnya jadi tinggi. Terserah kalian mau memakai pasir apa, tapi lebih baik memakai pasir kucing.


Post a Comment

© Tsubete. All rights reserved. Developed by Jago Desain

Pemblokir Iklan Terdeteksi

Matikan adBlock anda untuk dapat mengakses situs ini.

translate to english