Amanat Cerita Adalah? Begini Cara Mencari Tahu Amanat Sebuah Cerita

Amanat cerita adalah pesan dari sebuah cerita. Pesan seperti apa? Yang jelas bukan pesan WhatsApp.
amanat cerita adalah

Sepertinya ini tugas yang diberikan guru-guru kalian? Iya kan anak-anak?


Kalian diminta mencari tahu amanat dari sebuah cerita, dan di titik ini kamu bingung apa sih amanat itu? Apa itu amanat? Amanat itu apa?!


Amanat Cerita Adalah…


Amanat cerita adalah pesan yang disampaikan pengarang kepada pembaca karyanya. Pesan yang dapat dipetik, yang menurut kamu bermanfaat bagi kehidupan kamu. Pesan ini harus baik, pokoknya yang menurut kamu baik, anggap saja itu adalah amanatnya. Simpelnya begitu.


Contoh Kasus Mencari Amanat Sebuah Cerita


Kamu disuruh membaca cerita Malin Kundang, diceritakan Malin Kundang durhaka kepada ibunya, dia dikutuk menjadi batu. Kalian diminta mengidentifikasi apa pesan atau amanat dari cerita tersebut.


Apa? Menurut kalian apa amanatnya? Apakah amanat cerita Malin Kundang adalah kita disuruh durhaka kepada orang tua? Apakah menurut kalian pesan itu bernilai positif?


Tidak! Itu pesan negatif, berarti bukan amanatnya. Yang benar adalah, "Kita tidak diperbolehkan durhaka kepada orang tua." Begitu jawaban yang benar. Karena kalau kita durhaka, kita akan dikutuk menjadi batu.


Cara Menemukan Amanat dari Cerita dengan Cepat


Contoh di atas sangatlah kecil cakupannya. Karena cerita yang disajikan cuma singkat. Kalau disuruh mencari amanat dari cerita yang panjang, kita akan sangat sulit mencari tahu amanatnya.


Saya punya tips untuk mencari tahu amanat dari sebuah cerita yang panjang dengan cepat:


Pertama, cari tahu apa permasalahannya atau konflik cerita tersebut. 


Kedua, kemudian temukan tokoh-tokoh antagonis. Antagonis adalah tokoh yang jahat, berhati busuk atau orang yang memberikan banyak penderitaan kepada orang baik.


Ketiga, baca bagian akhir cerita atau bagian pemecahan konflik. Biasanya untuk cerita anak-anak SD, SMP, SMA, cerita yang diberikan itu ringan dan pasaran. Pemecahan konfliknya selalu ada di akhir, serta diberikan karma-karma instan bagi para pelaku kejahatan.


Misalnya Malin Kundang, karena dia jahat kepada ibunya, di ending dia dikutuk menjadi batu. Atau kisah Timun Mas, Raksasa yang ingin makan Timun Mas terkena terasi lalu dia mati.


Cukup dengan tahu 3 hal ini saja, saya pikir kalian bisa tahu apa amanat ceritanya.


Post a Comment

© Tsubete. All rights reserved. Developed by Jago Desain

Pemblokir Iklan Terdeteksi

Matikan adBlock anda untuk dapat mengakses situs ini.

translate to english