Penyebab Cireng Lembek dan Cara Mengatasinya

Cireng yang gagal, kalau tidak lembek ya keras. Berikut ada tips-tips mengatasi cireng gagal, terutama cireng yang lembek.
cireng

Saya pernah membuat cireng yang hasilnya cireng lembek banget. Dia menyerap banyak minyak, dan pas dinikmati terlalu kenyel dan basah. Pas masih anget okelah, lumayan, tapi pas udah dingin rasanya kayak makan minyak.


Cirengnya lembek buanget, terlalu kenyel bikin eneg, gak kayak cireng yang pernah saya makan, krispi di luar terus lembek di dalam. Saya bertanya-tanya, apa yang salah? Apa yang menjadi penyebab cireng lembak? 


Penyebab Cireng Lembek yang Perlu Calon Masterchef Ketahui


Resep bikin cireng itu apa aja sih selain bumbu? Apa bahan dasar utamanya?


Setelah saya cari tahu, bahan utamanya cuma tapioka. Tidak harus ditambah dengan tepung terigu. Kalau ditambah tepung terigu malah bikin cireng jadi keras (kalau takarannya tidak sesuai). 


Karena cuma ditambahkan tepung tapioka, bikin cireng jadi berisiko lembek banget kalau salah ngatur adonan. Kunci keberhasilan itu ada pada adonan kamu, makin encer adonan, makin bikin cireng jadi lembek. Kalau terlalu keras adonannya, bikin cireng jadi keras atau alot.


Jadi jawaban dari pertanyaan penyebab cireng lembek adalah karena adonan kamu terlalu cair.


Lalu bagaimana cara mengatasi agar adonan tidak cair? 


Cara Mengatasi Cireng Agar Tidak Lembek


Cireng yang lembek, karena adonan terlalu cair. Supaya adonannya tidak encer atau cair, lakukan tips-tips berikut:


tekstur

  1. Tambahkan air yang tidak berlebihan pada adonan cireng. Tidak berlebihan, tidak juga sedikit. Misal: 250 liter air untuk 5 sdm tapioka (patokannya kira-kira segitu)

  2. Lalu hidupkan kompor, aduk-aduk adonan itu sampai berbentuk jelly. Hidupkan kompor kecil saja, jangan panik kalau tapioka sudah mulai bertekstur seperti ingus

  3. Aduk terus sampai adonannya kalo ditarik molor terus pelan-pelan putus. Tunggu sampai airnya udah hilang, seperti tekstur sagu yang sudah selesai dimasak, kayak yang kamu lihat di tipi-tipi 

  4. Setelah itu masukkan adonan basah ke adonan kering tepung tapioka. Uleni sampai tepung tapioka basah dan kering menyatu. Setelah menyatu, siapkan adonan tepung tapioka kering. Nanti yang bikin krispi ada di bagian ini, lumuri pakai tepung tapioka kering bagian luarnya, ditekan-tekan sedikit terus goreng


Itulah kira-kira cara membuat cireng agar tidak lembek. Jika yang kamu alami adalah cireng terlalu keras, masalahnya terletak pada adonan yang keras. Tepung menggumpal lalu kamu paksa goreng, atau penyebab lainnya kamu tambahkan tepung terigu kebanyakan.

Post a Comment

© Tsubete. All rights reserved. Developed by Jago Desain

Pemblokir Iklan Terdeteksi

Matikan adBlock anda untuk dapat mengakses situs ini.

translate to english