21 Cara Main Mobile Legend untuk Pemula

Awal main mungkin gampang, tapi pas mulai naik ke rank master, tantangan mulai berat, Bro. Apalagi GM banyak player mitik di sana. Yuk belajar!
cara main ml

Rank saya sebenarnya baru Legend, ini saya dapatkan secara solo. Sama sekali tidak memiliki party-an atau squad. Andai ada yang mengajak saya main bareng. Noob gak apa-apa, yang penting kalau kalah tidak toxic. Hehe.


Buat kalian yang baru saja unduh game ini, berikut adalah beberapa tips dan trik memainkan Mobile Legend menurut saya. Semoga bisa membantu.


1. Cara Memenangkan Pertandingan di Mobile Legend


welkam tu mobelejen

Utamakan menghancurkan turret lawan. Kebanyakan kill juga tidak bagus, gunanya kill itu untuk menyerang tower. Sebab setiap tower selalu dilindungi oleh hero. Kalau lawan mati, itu waktu yang tepat untuk push turret.  Lucu kalau setelah kalian bertarung habis-habisan terus menang, habis itu malah recall atau farming, atau pindah jalur lagi. Push turret woy!


2. Cara Push Turret yang Baik dan Benar


Kita tidak bisa menyerang turret sendirian. Harus ada minion, jika tidak begitu yang ada damage turret tertuju ke kita lalu kita pun mati. Jika kalian menyerang turret tanpa minion juga pukulan kita tidak begitu berarti. 


pas dipukul dapet duit

Saat awal game, susah untuk push turret. Karena di gameplay sekarang, turret dilindungi oleh bar kuning. Ia akan menghilang setelah 5 menit. Tapi tidak salah juga jika memukul bar kuning itu habis-habisan, sebab nantinya bisa menambah gold.


3. Apa Itu Gold? Apa Gunanya? 


Ini yang namanya gold. 


artinya uangku cuma 300

Uang yang digunakan untuk membeli item di dalam game. Semakin banyak gold kita, maka hero kita akan semakin sakit atau semakin tahan banting.


Gold didapatkan dari minion, turtle, farming, memukul bar kuning di turret dan membunuh musuh. Tanda-tanda kemiskinan gold terjadi apabila kamu tidak sering membersihkan minion dan sering mati. Jadi jangan lupa kumpulkan gold yang banyak. 


Oh iya, gold tidak bisa dibawa pulang ya! Serta tidak bisa digunakan membeli hero.


4. Manfaatkan Spell di Mobile Legend


Spell membantu pemain mendapatkan skill tambahan. Yang awalnya cuma punya 3-4 skill, dengan mengatur spell, kalian bisa memiliki 1 tambahan skill.


namanya battle spell

Di Mobile Legend, ada 12 spell, gunanya bermacam-macam, ada yang digunakan untuk menambah darah, menembakkan laser, bebas dari stun atau skill lock, menambah darah putih, menstun lawan, membuat farming lebih cepat, dan sebagainya. Supaya lebih tahu, baca deskripsi tiap-tiap spell agar tahu kegunaannya.


atur battle spellnya di bagian sini

Saat awal main, spell akan banyak terkunci. Kamu harus menaikkan level dahulu supaya spellnya terbuka.


5. Atur Tombol Kontrol Agar Permainan Menjadi Lebih Mudah


Atur tombolnya menjadi seperti ini. 


saya pilih yang advanced

Pengaturan ini ada di menu setting dengan ikon gambar gerigi. Terus pilih kontrol.


Gunanya kita bisa mengarahkan damage ke minion, monster jungle, atau musuh. Klik bagian atas jika ingin memukul turret (sangat penting saat digunakan push turret), klik bagian tengah bila mengarahkan damage ke musuh dan bagian bawah untuk minion dan makhluk-makhluk yang ada di Mobile Legend.


6. Panggil Lord Supaya Mudah Memenangkan Pertandingan


Panggil lord di menit setelah 12 ya! Kalau memanggil lord sebelum menit ke 12, lord tidak bisa menyeruduk turret lawan. Jadi damage yang dihasilkan kurang bisa menghancurkan tower.


Cara memanggil lord sendiri cukup membunuh makhluk yang mirip transformers. Letaknya ada di sungai Mobile Legend. Pertengahan area musuh dan area tim kamu.


7. Mengenal Kegunaan Monster Jungle yang Ada di Mobile Legend


Kenali ini buat kamu yang berencana menjadi jungler, core atau hyper untuk tim kamu. Karena makananmu di sini itu monster-monster ini, sementara minion biarkan mage, tank, atau fighter yang ambil.


Ada setidaknya 7 monster di sini, ditambah dengan turtle dan lord, jadinya ada 9.


  • Monster buff merah (Fiend): gunanya untuk menambah damage. Setelah kamu menikmati monster ini, damage akan meningkat sekian persen


buff merah


  • Monster buff ungu (Serpent): gunanya mengawetkan mana, menambah energi, dan mempercepat cooldown. Mana itu apa? Biasanya di bawah darah hero, ada garis-garis biru. Itu namanya mana. Sementara energi adalah garis kuning di bawah darah hero. Tahu hero Fanny? Seperti itu lah bentukannya. Sementara cooldown adalah detik waktu yang muncul setelah skill digunakan, seperti jeda yang muncul sebelum akhirnya skill dapat dipakai lagi. 


buff ungu


  • Monster kecil di samping buff merah (Rockursa): gunanya untuk menambah HP atau darah. 


rockursa


  • Monster yang ada di bawah buff merah (Cramer): menambah exp. Exp sama pentingnya dengan gold. Bedanya exp untuk menaikkan level dari 1 sampai 15. Sementara gold untuk membeli item.


Cramer


  • Monster yang ada di atas buff ungu (Scaled Lizard): gunanya untuk menambah darah dan mana.


kadal


  • Monster kelomang (Hermit Crab): bentuknya seperti kelomang, gunanya untuk menambah gold.


kelomang


  • Monster kura-kura kecil (Litho Wanderer): untuk menambah darah. Selain itu menambah kecepatan lari kalian saat jalan-jalan di sungai Mobile Legend.


kura-kura kecil di sungai mobel lejen


  • Turtle: untuk menambah gold dan menambah shield. Apa itu shield? Seperti pelindung berupa darah putih yang membuat darah kita sedikit tebal.


kura-kura


  • Lord: ia seperti minion versi raksasa. Gunanya untuk ngepush. Minion kecil akan mati jika dipukul 2 sampai 3 kali. Sementara lord, setidaknya butuh 5 orang supaya bisa mati dalam waktu cepat. 


lord


Saya tulis ini di tahun 2022. Tidak tahu di tahun mendatang akan ada monster baru apalagi.

8. Mengenal Role Hero Mobile Legend


Apa itu role? Role adalah peran. Di Mobile legend, dibagi menjadi 6. Ada marksman, tank, support, fighter, mage, dan assassin. Role yang kamu mainkan, akan menentukan gaya bermainmu.


Jika role yang kamu ambil:


  • Marksman: kamu harus menjaga jarak dari musuh sebab nyawamu itu empuk, tapi seranganmu sakit. Kalau mau menggunakan role ini, jangan membuka peperangan. Teruslah berada di belakang pemain lain agar tidak mudah mati.

  • Assassin: serangannya sakit, menyerang dari jarak dekat, tapi nyawanya empuk alias mudah mati. Sulit menggunakan role ini, karena menggantungkan kecepatan tangan, atau fast hand. 

  • Tank: hero yang bermain di jarak dekat, tidak memiliki damage alias tidak sakit. Tugasnya adalah menahan semua serangan musuh. Tank yang sering mati itu wajar, karena tugasnya adalah melindungi teman satu tim. Tank harus selalu ada di depan, tidak boleh di belakang. 

  • Mage: hero yang mengandalkan skill. Serangannya sakit, mudah mati, dan mudah digunakan. Dari semua role yang ada, mage adalah yang paling mudah digunakan. Sebab kita tidak perlu farming, cukup membersihkan minion saja, dan jangan sering mati. Banyak pengguna cewek suka memakainya karena memang semudah itu.

  • Support: dia tidak begitu memiliki damage besar, skillnya paling membantu teman satu timnya menambah darah, atau membuat gerakan musuh menjadi lambat. Tugasnya hampir sama dengan tank, tapi kalau disuruh memilih lebih mending menggunakan tank karena darahnya lebih keras, alias susah mati. 

  • Fighter: bertarung dari jarak dekat, darahnya lebih keras dari assassin dan cukup sakit walaupun tidak sesakit assassin. Tapi kalau kamu fokus meningkatkan damage, bisa kok jadi sakit banget.


Kalian bisa melihat label role di bagian ini. 


di atas bagian kiri, tertulis label fighter

Tidak perlu menghafal, nanti lama kelamaan hafal sendiri.


Dengan mengetahui role, kalian bisa menentukan formasi permainan dengan lebih tepat. Berikut adalah strategi terbaik pada pertandingan 5 vs 5 dalam Mobile Legend, atau sebutan kerennya itu meta. Meta terbaik itu terdiri dari 1 orang tank, 1 orang marksman, 1 orang mage, 1 orang assasin, 1 orang fighter. Bagaimana dengan support? Ia bisa menjadi pengganti mage atau tank. 


Untuk awal-awal, orang akan egois memilih hero sesuai keinginan sendiri-sendiri. Tapi percayalah, makin tinggi tier kamu, kamu akan makin sulit memperoleh kemenangan jika masih asal menggunakan meta suka-suka. Meta terburuk adalah jika ada 5 orang marksman dalam pertandingan.


Setidaknya jika nekat, carilah 1 orang tank supaya bisa menahan damage. Misalnya, 4 marksman, dan 1 tank, atau 3 mage dan 2 tank. Pokoknya usahakan ada yang berguna menahan damage.


9. Apa Itu Core dan Hyper?


Saya sampai sekarang masih kebingungan apa perbedaan keduanya, tapi yang jelas ini cuma istilah strategi saja. Pada intinya, mereka itu yang berkewajiban menjadi ace, si hero yang menggunakan spell retribution, hero yang tugasnya makan monster dan hero yang menjadi rajanya damage. Kemenangan ada pada tangan si ini. Ia ditandai dengan menggunakan spell retribution. Dia adalah orang yang menikmati 9 jenis monster yang ada di hutan.


Pada gameplay terbaru, seorang hero yang menggunakan retribution, tidak boleh makan minion di 5 menit awal pertandingan. Karena perolehan gold-nya sangat sedikit serta akan sangat merugikan tim karena bisa membuat timnya menjadi miskin. 


10. Memahami 3 Lane yang Ada di Mobile Legend


Di Land of Dawn, ada 3 lane yang akan dilalui para pemain, yaitu lane atas, bawah dan tengah. Siapa saja yang sebaiknya menjaga lane tersebut? Akan lebih baik jika susunanya begini:


atas exp dan bawah gold


  • Lane EXP (tandanya ada huruf E berwarna ungu) untuk para fighter atau offlaner

  • Lane Gold (tandanya huruf S berwarna kuning) untuk para marksman. Itu jika marksmannya tidak menjadi core atau hyper

  • Lane tengah untuk mage


Bagaimana dengan tank? Paling baik jika tank hilir mudik ke 3 lane tadi. Jadi jangan diam di satu tempat. Tugas tank itu berat, tapi banyak yang menyepelekannya. Setiap ada war, tank harus datang dan membantu kemudian lindungi core atau marksman agar tidak mati. 


Sementara di bagian hutan, adalah tempatnya para core atau hyper menikmati monster. Tank juga bisa mengganggu hyper atau core musuh saat jungler agar mereka miskin.


11. Strategi Terbaik dalam Pertarungan Mobile Legend


Tujuan utama kita adalah melindungi turret kita dan menghancurkan turret utama musuh. Agar hal ini terwujud mudah, kalian harus:


  • Memperkaya diri sendiri dengan gold

  • Beli item terbaik yang paling cocok untuk membunuh musuh

  • Buat musuh menjadi miskin gold. Caranya dengan menahan mereka tidak membunuh minion, menjaga diri agar tidak sering mati, dan mengganggu core musuh ngejungle

  • Kill musuh untuk tujuan membuat mereka menjadi miskin atau meninggalkan tower yang dijaganya

  • Hancurkan tower sebanyak mungkin

  • Naikkan exp dan level hero. Maksimal level itu 15. Makin tinggi levelmu, kamu makin menyakitkan

  • Jika kamu kalah gold, sebaiknya sembunyi saja terus di turret. Jangan asal maju. Gak papa cupu, sembunyi aja terus, nge-genk juga tidak apa-apa, itu strategi namanya. Biarkan musuh koar-koar mengatakan kita, "Beraninya kok keroyokan."


Intinya, jika musuh miskin, maka sudah pasti kamu menang.


12. Segera Selesaikan Game, Jangan Menunda-Nunda agar Tidak di-Epic Comeback


Mentang-mentang di awal menit bisa banyak membunuh musuh dan turret sudah hancur, membuat kalian menunda-nunda untuk mengakhiri pertandingan. Ini kesalahan terbesar. Segera hancurkan turret utama, kalau tidak begitu, kesempatan menang kamu yang awalnya 99% jadi 50%.


13. Mengatur Antarmuka UI Supaya Lebih Mudah mengontrol Tombol-Tombol


Pengaturan ini ada di menu pengaturan. Saya sendiri menggunakan setting seperti ini. 


pengaturan begini

jadinya begini

Di sini kamu bisa memperkecil, memperbesar, menurunkan opasitas dan memindah-mindahkan tombol.


14. Memahami Item-Item (Build Equipment) dalam Game dan Emblem


Haaah, pembahasan ini bakal panjang. Ada 2 hal yang harus kamu atur di sini. Tapi kebanyakan orang mengabaikannya dan memilih menggunakan pengaturan default yang Moonton sediakan.


Soal emblem, itu bentuknya seperti ini.


emblem

Saya biasanya mengintip emblem milik pemain top global, jadi saya sejujurnya tidak begitu paham. Pokoknya kamu memaksimalkan saja dahulu menjadi level 60, dengan begini kamu bisa mendapatkan tambahan power, kecepatan, dan tambahan perlindungan.


Sementara untuk item atau equipment-nya, adalah hal-hal yang kamu beli memakai gold. Bentuknya seperti ini.


equipment

Tiap role, punya item-item sendiri. Saat ini saya cuma paham item untuk tank, karena saya user tank. Agar lebih paham, baca deskripsi saja.


Berikut saya berikan sedikit tips dalam pembelian item tank. Penting lho ini, item defense atau pertahanan yang biasa dipakai tank, juga bisa dipakai oleh role lain (marksman, fighter, mage, assassin). Saat menghadapi musuh yang damagenya brutal. Beda hero, berbeda defense:


Item Defense Mobile Legend Terbaik


  • Athena Shield: melindungi kita dari hero-hero mage dengan skill yang meledak bom mati, misalnya Eudora, Vale, Aurora, Kadita, Kagura, 

  • Radiant Armor: melindungi kita dari hero mage atau hero lain dengan skill magic yang jenis skillnya berkelanjutan, misalnya Change, Yve, Kimmy, Odette, 

  • Antique Cuirass: melindungi kita dari hero-hero yang memberikan physical damage, misalnya Saber, Lancelot, Natalia, Hayabusa,

  • Blade Armor: melindungi dari damage physical DPS, attack speed tinggi, atau hero-hero yang memukul kita memakai basic attack (tidak memakai skill), misalnya Sun, Wanwan, Claude, Layla, Freya

  • Dominance Ice: mengurangi HP regen atau darah yang terus bertambah gak abis-abis, misalnya Uranus, Esmeralda, Alucard, Yuzhong,

  • Twilight Armor: melindungi damage yang berkali-kali lipat dari hero-hero seperti Aldous, Bruno, Clint, Yi Shun Shin, Lesley, Ling, 


Masih ada banyak item tank lain, tapi paling penting menurut saya itu. 


15. Memilih Hero Mobile Legend Terbaik yang Paling Cocok dengan Gaya Bertarungmu


Di luar sana ada orang gila yang menggunakan  1 hero yang dimainkan 10 ribu pertandingan. Di sini kalian tidak dituntut bisa semua hero, mempelajari satu hero saja sudah cukup. Tapi saya sih tidak suka begitu. Karena saya bosenan. Jadi suka ganti-ganti hero. Senyaman kalian saja.


Saya rekomendasikan beberapa hero Mobile Legend yang mudah dimainkan pemula:


Tank: Tigreal dan Hylos.

Mage: Eudora, Change, Nana dan Cacilion.

Fighter: Balmond, Alucard, Zilong dan Silvana.

Support: Rafaela, Floryn, dan Angela.

Assasin: Alucard.

Marksman: Irithel, Layla dan Miya.


16. Perhatikan Map! Map! Map! Map!


Mini map di pojok kiri, harus kamu pandangi terus-terusan. Dari sana kamu bisa melihat pergerakan minion, hero yang sedang clear lane, melihat siapa saja yang sedang push turret dan melihat tempat berlangsungnya war.


mini map

Lebih baik lagi kalau kamu geser-geser map, dengan begini kamu bisa mendapatkan beberapa keuntungan:


  • Melihat jejak-jejak keberadaan musuh. Misalnya melihat kaki, atau senjata hero musuh yang menancap di tanah

  • Melihat pukulan-pukulan musuh pada monster yang tidak terlihat di mini map

  • Melihat apakah musuh sedang ngelord atau tidak. Tanda-tanda musuh ngelord, lord-nya mengeluarkan pukulan-pukulan ke angin dengan kapaknya

  • Menghitung musuh yang ada di sana

  • Memantau apakah teman satu tim kita butuh bantuan atau tidak


Jangan sampai karena buta map, turret kamu dibobol lalu berakhir defeat. Saya sudah berkali-kali mengalami hal ini. Memalukan sekali.


17. Manfaatkan Chat di Mobile Legends


Lebih baik lagi kalau open mic, tapi privasi sih. Minimalnya maafkan fitur chat. Kamu bisa mengetik sendiri atau memanfaatkan chat-chat yang disediakan Mobile Legend.


chat otomatis

Tekan "Mundur!" Jika ingin mundur. Tekan "Serang!" Jika ingin menyerang. Tekan "Tunggu Saya!" Jika kamu ingin teman satu tim menunggumu sebelum membuka pertarungan. 


Beritahu juga cooldown ulti kamu supaya teman satu tim bisa menyerang di waktu yang tepat. Sekarang fitur ini semakin dibuat unik oleh Mobile Legends. Kita bisa menggunakan suara-suara chat yang lucu, misalnya suara Fanny, Transformers, Layla dan lain-lain.


18. Cara Mengalahkan Musuh yang Jauh Unggul di Atas Kita


Jarang banget kalau bermain public, terus bertemu musuh yang jago, kelima-limanya jago semua. Pasti ada setidaknya 3 atau 1 orang yang paling jago, sisanya hanya pendukung. Atau katakanlah, sosok yang memberikan damage tertinggi. Biasanya mereka adalah core, marksman dan mage. 


Cara biar saat 5 vs 5 nanti menang, kamu culik dahulu satu orang yang paling jago. Jika susah menculik satu orang itu, kerahkan seluruh tim, atau 3 orang buat membunuh orang itu. Serbu dia bersama-sama saat sendiri, setelah itu coba buka pertempuran di saat orang itu meninggal.


Jika susah menculiknya, saat pertempuran terjadi kamu incar dia dan berusahalah abaikan tank. Jangan pukul tank musuh, tapi core! Abaikan tank-nya! Abaikan! Susah sih sebenarnya, inilah pentingnya belajar ngelock hero, atau mengarahkan skill ke orang yang tepat. Untuk orang pemula, biasanya mereka asal pencet.


19. Cara Mengatasi Karakter Kita yang Banyak Mati dan Gold Sedikit Alias Miskin


Kamu banyak meninggal? Perolehan gold kamu sedikit? Cobalah untuk membeli item defense atau item yang biasa digunakan tank. Jadi jangan memakai full damage. Jual item yang paling tidak diperlukan, kemudian beli dan menabung gold.


Kalau para pro player itu menggunakan 50% damage dan 50% defends. Jadi imbang gitu. Tapi menurut saya, formula terbaik itu 3 item damage dan 2 item defends. Lihat-lihat dulu, kamu mati disebabkan oleh hero apa? Misalnya mati karena kena petir Eudora, gunakan item Athena Shield 1 dan Immortal. Jika matinya gara-gara digeprek Aldous, beli item Twilight Armor. Tapi orang-orang paling cuma beli Immortal, supaya setelah mati bisa hidup lagi.


Cara lain mengatasi karakter kamu mati terus adalah jangan berdiri di bagian paling depan. Jika terasa sulit, sembunyilah di turret. Tunggu di sana terus sambil bunuh minion. Pelan-pelan, kamu akan menjadi kaya raya, lalu gunakan uang itu untuk membeli item.


20. Tahu Kapan Harus Mundur dan Maju


Kapan harus mundur? 1) Saat pasukan musuh dan pasukanmu lebih banyak musuhnya. Misal di musuh ada empat orang, sementara kamu sendirian atau dua orang. 2) Mundur saat musuh lari dan di belakang sana ada satu atau dua orang melindunginya. Jika kamu maju, kamu yang akan mati. Jangan nafsu. Ini juga termasuk saat musuh melarikan diri ke turret. Salah gerak, bisa-bisa kamu yang mati. 3) Saat di tim musuh ada hero-hero yang bisa mengunci pergerakan, misal Eudora, Franco, Hylos, Tigreal, Saber, dan lain-lain. Tunggu sampai mereka membuang skill itu dahulu. Suruh tank Anda maju, skill itu dipakai oleh mereka dahulu. 4) Mundur saat level dan perolehan gold kalian kalah telak.


Lalu kapan harus maju? Maju saat tank musuh ada di belakang dan yang di depan hanyalah hero-hero empuk, atau maju saat tank yang memimpin di depan offside. Maksudnya jarak tank musuh dengan teman-teman timnya agak jauh. Momentum kemenangan itu ada pada waktu seorang tank open war. Ini kalau 5 vs 5. Kalau soal ciduk menciduk, peran core, mage atau fighter sangat berarti.


Kapan core harus maju? Sebaiknya keluar bersama dengan teman satu timnya (jika corenya adalah seorang marksman) atau hero yang bertarung jarak jauh. Bila corenya adalah assasin atau fighter yang bertarung dari jarak dekat, sebaiknya kamu keluar saat para hero musuh telah mengeluarkan skill-skillnya. Pantau pergerakan mereka dari map. Intinya sabar.


21. Bagaimana Jika Teman Satu Tim AFK?


Jika AFK di awal game, kamu bisa mencegah hal ini dengan membuat pertarungan menjadi invalid match. Dengan begini kamu ataupun tim musuh tidak akan kehilangan bintang. Namun ada beberapa syarat agar bisa membuat pertarungan menjadi invalid.


  • Teman satu tim AFK selama 3 menit

  • Tidak ada first blood dalam 3 menit itu

  • Teman satu tim menyetujui untuk menyerah


Setelah syarat itu terpenuhi, silakan buka tombol pengaturan, lalu scroll ke bawah dan klik 'Menyerah'. Setelah itu pemain yang tersisa, klik menyetujui untuk menyerah. 


Tapi bagaimana jika teman yang AFK terjadi saat pertengahan game? Yang harus kamu lakukan adalah menjaga nyawa agar tidak banyak mati. Jangan terlalu banyak bertempur karena kamu sudah kalah jumlah orang. Lebih baik sembunyi di tower lalu saat ada waktu … serang! 


udah deh menang


Catatan:


Saya ingin menyampaikan sesuatu, tolong saat main game jangan menormalisasi berkata-kata jorok. Semarah apapun kamu, dan seemosi apapun, jangan melukai hati orang dengan kata-kata kotor. Minta maaf ke Allah itu mudah, tapi meminta maaf dengan sesama manusia itu susah. Setelah main game, kamu memang tidak bertemu dengan orang itu lagi, lalu? Merasa aman begitu? Enggak! Yang ada kamu kehilangan kesempatan untuk meminta maaf. 


Sekarang Mobile Legend terkenal sama orang-orang toxic. Makin kesini makin serem. Attitude seorang gamer memang begitu ya?  Bahkan 'kebaperan' ini, orang-orang bukannya menyalahkan orang toxic, tapi menyalahkan mental seseorang yang lemah. Wah, kalau terus dinormalisasi seperti itu, gak cuma kata-kata kelamin, kata-kata berbau pelecehan, hinaan kepada orang tua pun bisa ada di Mobile Legend. Makin kesini manusia gak punya batasan dengan hidupnya kalau semuanya dinormalkan. Jangan kayak gitu, tolong yaaa, jaga jempolnya. 


Post a Comment

© Tsubete. All rights reserved. Developed by Jago Desain

Pemblokir Iklan Terdeteksi

Matikan adBlock anda untuk dapat mengakses situs ini.

translate to english