13 Aplikasi Copy Paste (Clipboard), Salin Tulisan Tanpa Batas Penyimpanan

Salin dan tempel tanpa batas. Bisa salin ribuan tulisan tanpa kehilangan data-datanya meski sudah berlalu 2 tahun lamanya.
aplikasi clipboard

Ponsel memiliki fitur salin dan tempel tulisan yang diblok seperti yang ada pada komputer. Kita bisa salin tulisan sebanyak apapun, mungkin. Saya pernah salin tulisan dengan jumlah 5.000 kata lebih, dan semuanya tersalin beserta format tulisan seperti bold, italic, besar kecil, dan jenis paragraf ikut tersalin.


Namun clipboard yang disediakan ponsel memiliki batasan pemakaian. Kurang lebih cuma bisa salin 50 salinan tulisan atau screenshoot. Jika lebih dari itu, maka salinan paling lama akan terhapus sendiri dari clipboard bawaan HP kita.


Kekurangan ini pernah mengacaukan hidup saya dulu. Saya kehilangan tulisan karena error aplikasi menulis. Saya teringat kalau pernah menyalinnya, maka saya coba buka clipboard. Tapi sayang sekali bagian clipboard itu sudah terhapus otomatis oleh salinan-salinan baru. Saya pun mencoba mencari, adakah aplikasi copy paste atau clipboard atau papan klip yang bisa menyimpan semua salinan tulisan tanpa batas? Ternyata ada. Berikut adalah aplikasi yang saya gunakan.


Clipboard Manager: Copy Paste Tanpa Batas  


Sejak tahun 2020 bulan Februari, saya menggunakan aplikasi ini. Semua tulisan yang saya salin tersimpan rapi. 


dia menyimpan semua salinan dari tahun 2020

Saya punya kebiasaan, setiap selesai menulis selalu menyalinnya karena takut tulisan hilang. Ada ribuan salinan tulisan yang tersimpan di aplikasi copy paste ini. Ada tulisan penting, quote gaje, atau sekadar link-link video atau blog.


Aplikasi bekerja dengan baik. Saya bisa mengenang apa saja yang pernah saya tulis di satu tempat. Selain itu, aplikasi tidak memakan banyak penyimpanan, tidak ada iklan dan tidak memberatkan ponsel. Kekurangannya paling hanya tulisan yang disalin hanya menyalin teks-nya, tidak dengan format tulisan. Terlebih bila kamu menulis di Google Doc, format seperti bold, italic dan sejenisnya tidak akan ikut tersimpan.


12 Aplikasi Copy Paste Android Lainnya


Selain Clipboard Manager, ada banyak aplikasi copy paste yang lain. Saya tidak tahu apa keunggulan dan kekurangannya karena tidak pernah memakai aplikasi itu. 


  1. Clipboard Actions

  2. Easy Copy

  3. Universal Copy

  4. Clip Layer

  5. Native Clipboard

  6. Clip Stack


Itulah beberapa rekomendasi aplikasi copy paste untuk ponsel Android. Ada juga aplikasi copy paste untuk perangkat komputer. Mungkin kegunaannya supaya bisa salin tanpa batas maksimal penyimpanan. Berikut adalah daftar aplikasi clipboard untuk PC:


  1. TeraCopy

  2. 1Clipboard

  3. Ditto

  4. CopyQ

  5. ClipDiary

  6. ClipClip


Itulah beberapa aplikasi copy paste atau clipboard untuk PC di perangkat Windows maupun Mac. Semoga bermanfaat, dadah.


Post a Comment

© Tsubete. All rights reserved. Developed by Jago Desain

Pemblokir Iklan Terdeteksi

Matikan adBlock anda untuk dapat mengakses situs ini.

translate to english