Makna Lagu HYUKOH Tomboy, Kenapa Judulnya Harus Tomboy?

Rasa sakit masa muda yang diceritakan Oh Hyuk dalam bentuk lagu. Pain of youth.
tomboy

Rasanya aneh banget. Pertama denger lagunya bawaanya sedih. Di lain sisi terasa gak asing, dan setelah saya ingat-ingat, lagu ini sering saya putar pas zaman-zaman masih sekolah. 


Saya bertanya-tanya, kenapa rasanya sedih banget lagunya. Apa ada kenangan bersama lagu ini saat itu? Tapi apa? Saya kok lupa. Sambil berusaha mencari tahu kenangan yang saya lupakan, saya akan mencari makna lagu ini di internet. 



Makna Lagu HYUKOH 'Tomboy'


Pertama (makna judul), kita bahas judulnya. Kenapa dinamai tomboy? Setahu saya tomboy itu cewek yang memiliki sifat atau perilaku seperti laki-laki. 


Tapi menurut penjelasan etimologi, tomboy itu gabungan kata tom+boy. Kata 'tom' digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang umum, atau sesuatu yang biasa. Sementara boy adalah anak laki-laki. Jadi kesimpulannya adalah tomboy = anak laki-laki biasa.

Lalu apakah judul lagu Tomboy mengacu kepada anak laki-laki biasa? Bisa jadi begitu, akan tetapi berdasarkan wawancara lama, Oh Hyuk (vokalis HYUKOH), mengatakan bahwa judul Tomboy mengacu pada semua orang tanpa perbedaan gender. Hal ini berkaitan dengan lagu yang diciptakannya bisa jadi adalah pengalaman semua orang, dan saya lebih setuju dengan makna judul yang ini. Tomboy bisa merujuk ke cewek atau cowok. 


Pertanyaannya, pengalaman apa yang Oh Hyuk maksud dalam lagu ini?


Kedua (makna lirik lagu), coba kamu baca terjemahan lirik HYUKOH _ Tomboy ke dalam bahasa Indonesia. Setelah itu kembali ke sini. 


Lagu ini menceritakan tentang dua sisi pemuda yang memiliki tekad dan kecemasan (mendekati depresi). Seperti yang dituturkan Oh Hyuk, "Masa muda bisa berseri-seri dan cerah, tetapi karena ia adalah cahaya yang terus mengalir, ia juga memiliki makna ketidakamanan, perasaan kehilangan, dan proses pencarian. Dari dua sisi masa muda, saya mengungkapkan sisi depresi (dalam lagu ini)."


"Semuanya asing dan aneh, tapi kami tetap ingin sukses. Saya mencoba menunjukkan perasaan terjebak di antara dua pikiran itu," lanjutnya.


Tomboy. Kita semua tanpa perbedaan gender, baik wanita atau laki-laki, pasti pernah atau sedang mengalami masalah ini. Sekarang atau dulu, masa muda kita dipenuhi depresi dan tekad.


Sedih ya? Dulu kayaknya saya dengerin lagu ini tanpa mengetahui maknanya. Tapi seingat saya, saya dengerin lagu ini di saat yang tepat. Ketika masa muda saya penuh tekanan dan 'sulit', lagu ini hadir menemani kehidupan dramaqueen saya. Saya jadi merasa tua. Ternyata banyak yang sudah saya lewati di masa lalu. 


Buat kalian yang sedang berjuang, bertahanlah lebih lama. Kalau Tuhan berkehendak, masalah kalian bisa diselesaikan dalam waktu dekat. Jangan nyerah! 


Sumber:

https://www.soompi.com/article/977017wpp/watch-hyukoh-sings-pain-youth-tomboy-mv


https://bandhyukoh.tumblr.com/post/643197061653757952/do-you-know-why-tomboy-is-called-tomboy

Post a Comment

© Tsubete. All rights reserved. Developed by Jago Desain

Pemblokir Iklan Terdeteksi

Matikan adBlock anda untuk dapat mengakses situs ini.

translate to english