Awas Spoiler! Kumpulan Pertanyaan Tentang Detective Conan

Daftar episode Conan dan Ran romantis.

conan edogawa

Rabu, 2 Maret 2022, saya menulis artikel mengenai tanya jawab seputar anime Detective Conan. Sejauh ini episodenya baru 1037 saja, iyaa saja. 


Di anime ini Conan fokus pada kasus-kasus yang ia tangani, soal hubungan percintaan dan pengejarannya pada organisasi hitam yang membuat tubuhnya mengecil, pembahasan itu bener-bener sedikit banget. Konflik utama itu juga cuma disispin dikit di episode yang sudah ribuan ini. Jadi bagi yang malas marathon ribuan episode Conan untuk sekadar mencari tahu apa yang bikin kamu penasaran selama ini, berikut adalah kumpulan pertanyaan dan jawabannya.


Awas, ini spoiler banget. Saya sudah memperingatkanmu dari awal ya!


Apakah Ran Tahu Conan Adalah Shinichi?


Tidak! Beberapa kali Ran mencurigai Conan adalah Shinichi, tapi Conan terus buat alibi untuk mematahkan dugaan tersebut. Endingnya Ran ngerasa bodoh karena mengira seorang anak kecil sebagai laki-laki yang disukainya. Kalau saya di posisi Ran juga ngerasa bodoh banget, terus kalau pemikiran ini terus dilanjutkan yang ada kan muncul perasaan tidak normal. 


Meski begitu rasanya gemes banget sialan, ribuan episode gak ketahuan juga. Tapi kalau ketahuan aneh juga sih suasananya nanti. Takutnya Ran malah diserbu FBI karena jadi pedofil. 


Apakah Ran dan Shinichi Pacaran?


Iya, mereka mulai pacaran saat episode 928. Shinichi minum obat dari Haibara, terus tubuhnya jadi besar lagi, terus dia ikut acara rekreasi di sekolah bareng Ran. Ada kasus juga di sana, ada Heiji, dan endingnya Shinichi bertanya perasaan Ran kepadanya. Ini berkaitan dengan pertengkaran mereka saat di London waktu itu, dimana Ran ngamuk kenapa Shinichi gak bisa ngertiin dia padahal dia kan detektif. Terus Shinichi jawab kalau intinya seorang detektif pun bisa kebingungan mengetahui apa isi hati wanita yang dicintainya.


Kembali ke episode mereka jadian, Ran pun mencium pipi Shinichi lalu mengatakan, "Itu jawabanku."


Sejak saat itu mereka resmi pacaran, Ran dan Conan terbangun dari tidurnya, malu-malu buka HP-nya dan bertanya-tanya lagi, apa ini nyata dan memang nyata.


Sayangnya sejak episode itu, saya belum menemukan interaksi Shinichi dan Ran saat hubungan mereka sudah pacaran. Kalaupun ada interaksinya itu pun di versi movie, Ran dan Shinichi menikmati keindahan malam bersama sambil berenang. Dia deketin Shinchi, yang sayang seribu sayang ternyata itu adalah Kaito Kid yang menyamar. Shinichi yang asli ada di belakang mereka, sedang menahan api cemburu karena tubuhnya yang masih terjebak di tubuh anak kecil.


Reaksi Kaito Kid waktu itu lucu banget, pas tahu ternyata Ran dan Shinichi udah pacaran.


Siapa Saja yang Mengetahui Bahwa Conan Adalah Shinichi?


  1. Profesor Agasa

  2. Ai Haibara

  3. Yusaku dan Yukiko Kudo (Ibu dan Ayah Shinichi)

  4. Heiji Hattori

  5. Vermouth

  6. Akemi Miyano (kekasih Shuichi Akai)

  7. Eisuke Hondou (anggota CIA, dia menyukai Ran)

  8. Masumi Sera (teman SMA Shinichi, temannya Ran juga, adiknya Shuichi Akai)

  9. Shuichi Akai atau Subaru Okiya (agen FBI)

  10. Mary Sera (ibunya Sera dan ibunya Shuichi Akai)


Apakah Ai Haibara Menyukai Conan?


Jika melihat klip-klip kebersamaan mereka, Haibara tampak sekali menyukai Conan. Dia seperti berusaha memendam perasaannya dengan membuat bahwa dirinya cuek kepada Conan, muak dan malas menanggapi Conan. Tipe cewek tsundere, cuek tapi sayang. Tiap lihat Conan dan Ran bersama dia juga kayak berusaha memalingkan pandangannya, tatapannya kelihatan sedih. Banyak penggemar berspekulasi bahwa Haibara menyukai Conan, tapi penulisnya sendiri, yaitu Aoyama Gosho mengingkari hal tersebut.


Jikapun memang suka, mereka tidak akan bisa bersama. Ran hanya untuk Shinichi, begitupun sebaliknya.


Apakah Akai Shuichi Benar-Benar Mati?


Akai Shuichi adalah karakter yang dulu kerjaannya mengikuti Conan diam-diam, memakai pakaian serba hitam, membawa pistol dan memakai kupluk di kepalanya. Dia bukan anggota organisasi hitam, dia orang baik dan dia anggota FBI.


Akai Shuichi pernah dianggap tewas karena dibunuh anggota organisasi hitam, tapi kenyataannya, Akai Shuichi masih hidup dengan identitas baru. Dia sekarang hidup dengan nama samaran Subaru Okiya, seorang mahasiswa yang mendaftar di program doktoral di Fakultas Teknik Sekolah Pascasarjana Universitas Toto.


Apakah Conan Bisa Kembali Normal?


Dulu saat awal berubah menjadi anak kecil, tubuh Conan pernah menjadi dewasa lagi karena minum alkohol yang Heiji Hattori bawa waktu itu. Ia berubah menjadi normal dalam waktu sesaat, lalu di lain waktu dia mencoba minum alkohol lagi, tapi tubuhnya tidak bisa berubah karena pelan-pelan tubuhnya menormalisasi kandungan dalam alkohol. Itu kejadiannya lawak banget, dia frustasi terus minum banyak alkohol tapi tubuhnya tetap jadi anak kecil. Keesokan harinya pas berangkat sekolah, Conan ke sekolah SD dalam keadaan mabuk. Bayangin anak SD mabuk-mabukkan, kocak.


Meski begitu, Conan tetap memiliki cara agar tubuhnya kembali normal. Yaitu dengan minum pil yang dibuat Haibara. Sayangnya tidak boleh dikonsumsi terlalu sering karena kandungannya tidak baik untuk tubuh. Conan hanya mengkonsumsi saat keadaan genting saja, misal saat naik pesawat ke London dahulu, ke acara piknik sekolah dan ke sekolahnya untuk meyakinkan Ran bahwa Conan bukanlah Shinichi.


Sampai sekarang, tubuh Conan belum kembali normal. Sesekali berubah normal jika ia menghendakinya.


Siapa Itu Rum di Detective Conan?


Di dalam Organisasi Hitam, anggota-anggotanya memakai nama samaran dengan nama alkohol. Contohnya kayak Vermouth, Gin, Vodka, Pisco dan lain-lain. Itu semuanya nama alkohol, begitupun dengan nama Rum.


Identitas aslinya belum diketahui, namun menurut ciri-ciri yang diungkapkan Haibara, Rum adalah sosok yang besar, kuat, feminim, seperti orang tua, tidak diketahui wanita atau laki-laki, dan salah satu matanya rusak. Apakah dia Dajjal?


Ada yang membuat teori, bahwa Rum adalah Yamato Kansuke dari kepolisian Nagano, ia dicurigai karena mata kirinya buta, kuat, dan berjalan memakai tongkat seperti orang tua. Teori lainnya menyebut bahwa Rum adalah Hyoue Kuroda, matanya juga rusak. Ketiga ada Wakasa Rumi, dicurigai karena dalam namanya ada unsur Rum. Kandidat keempat adalah Kanenori Wakita, seorang koki, tubuhnya besar, tua dan salah satu matanya tidak bisa melihat. 


yamato kansuke

hyoue kuroda

wakasa rumi, matanya juga pernah ketahuan agak bermasalah, buta sebelah tapi gak kelihatan

kanenori wakita

Rum adalah komandan ke-2 dalam organisasi hitam. Ia sedang dicari oleh Conan dan Shuichi Akai. Ia lebih berbahaya daripada Gin yang selama ini menjadi bayang-bayang ketakutan Shinichi. Gin adalah orang yang mencekoki obat pengecil (APTX 4869) ke tubuh Conan.


Episode Romantis Conan dan Ran Apa Saja?


Saya sebutkan episode yang saya tahu saja, bisa jadi ada yang belum tersebut. Berikut adalah daftar episode-episode yang berisi romantisme hubungan Conan dan Ran atau Shinichi dan Ran.


Episode 1: Shinichi dan Ran jalan-jalan ke taman hiburan. Ini waktu Shinichi berubah jadi anak kecil. Pas episode awal banyak momen Shinichi Ran atau Conan Shinichi. Di awal-awal ini juga greget banget, seolah-olah Conan bakal ketahuan kalau dia Shinichi. Nyatanya setelah episode 1000 pun dia belum ketahuan juga


Episode 48 dan 49: ini awal mula Hatori curiga kalau Conan itu Shinichi. Di sini juga Conan berubah jadi dewasa gara-gara minum alkohol terus ketemu sama Ran. Sayang banget di sini Ran sama Shinichi cuma tatap-tatapan, niatnya mau bicara berdua tapi tubuh Shinichi keburu jadi kecil lagi. Terus di episode 50-an, Conan mabuk-mabukan. Ngakak banget.


ini mereka gak lagi nikah, tapi drama sekolah

Episode 190, 191, dan 192: di sekolah Ran ada acara drama, terus Ran menjadi pemeran utamanya. Dalam drama ini, sosok laki-laki misterius menggunakan topeng adalah Shinichi. Di episode ini Conan hampir ketahuan, untungnya Haibara menemukan obat penawar. Dia pun berubah jadi Shinichi, lalu sosok Conan diperankan oleh Haibara yang menggunakan masker. Enggak ketahuan deh kalau Conan itu Shinichi.


korban ghosting

Episode 193: menurut saya ini scene paling sedih, mereka berdua makan malam bersama, Shinichi ingin mengatakan sesuatu kepada Ran, mungkin perasaannya, tapi sayangnya pas itu ada kasus pembunuhan di restoran tempat mereka makan. Shinichi pun terlibat lagi dan masa waktu obatnya pun habis, tubuhnya berubah jadi kecil terus … Ran ditinggal lagi. Muncul Conan dengan tubuh kecilnya menghampiri Ran, dia mengatakan, "Dia (Kak Shinichi) ingin Kak Ran menunggunya." 

Jadi Ran itu capek banget, bolak-balik di-ghosting, ditinggal, meski kenyataannya laki-laki yang dia sukai ada di sisinya


Episode 288: di sini Shinichi masih hidup normal, dia pergi ke luar negeri bersama ibunya dan Ran. Lalu di sana ia bertemu Vermouth dan Ran menyelamatkan Vermouth. Dari sini lah Vermouth mulai berhutang budi dan menyukai Shinichi dan Ran, terlebih kepada Ran. Vermouth bahkan sampai memanggil Ran "Angel" karena Ran adalah penyelamatnya.


save save

Episode 412: Sonoko, teman Ran mengirimkan foto Ran memakai bikini ke nomornya Shinichi, terus Conan menerima pesan itu >///<, pipi Conan merah, malu-malu gitu, terus Ran nelpon buat Shinichi hapus foto itu. Dia bilang iya bakal dihapus, tapi kenyataannya dia bilang "save, save". Endingnya Haibara yang menghapus foto tersebut, dia juga sempat ketahuan temen-temennya punya foto begitu wkwk, lucu banget, anak SD ketahuan nyimpen foto syur.


Episode 521, 522, dan 523: Shinichi berubah menjadi besar lagi dengan bantuan pil Haibara. Dia mau menuntaskan kasus pembunuhan, sayangnya dia malah hanyut ke sungai terus amnesia. Terus dia ketemu Ran, terus Ran kaget, dan singkat cerita Shinichi kabur lagi karena efek obatnya sudah habis.


conan dan ran di london

Episode 616 sampai 621: mereka pergi ke London, terus ke tempatnya Sherlock Holmes. Shinichi menggunakan pil dari Haibara lagi, di sana dia berusaha menghindari Ran, tapi mereka dipertemukan juga. Kemudian mereka berantem, Shinichi juga mengungkapkan perasaannya dengan bilang, seorang detective pun bakal kesulitan buat mengetahui apa keinginan hati wanita yang dicintainya.


Episode 853 dan 854: menceritakan saat Ran dan Shinichi masih TK dulu. Bocil udah tahu cinta-cintaan.


Episode 927 dan 928: adalah episode mereka akhirnya jadian. Momennya cuma sekadar Ran cium pipi Shinichi, terus reaksi malu-malu kucing huhu. Conan lucu banget waktu dia ngecek HP-nya buat mastiin dia beneran udah jadian atau belum sama Ran pas naik motornya Hatori.


Momen lainnya bisa kamu tonton semua di film Detective Conan. Di sana selalu ada momen mereka, dari mulai Conan menyelamatkan Ran, Ran mencium Conan, Kaito Kid mau mencium Ran, Conan cemburu dan paling spektakuler adalah bagian action-nya sangat terasa. Selama ini di serial anime hanya penalaran kasus, di versi movie lebih seru. Dari movie 1 sampai 20-an berapa itu, semuanya seru-seru banget.

Post a Comment

© Tsubete. All rights reserved. Developed by Jago Desain

Pemblokir Iklan Terdeteksi

Matikan adBlock anda untuk dapat mengakses situs ini.

translate to english