6 Cara Promosi Cerita Wattpad agar Populer + Contoh

Pembaca biasanya skip bacaan yang masih 0 pembaca. Coba berjuang dulu dapatkan 1k atau 5k pembaca pertama. Seterusnya pembaca bakal datang sendiri.
promosi cerita wattpad

Cara promosi Wattpad yang baik dan benar itu bagaimana? Apakah dengan sebar link? Bagikan cerita ke teman? Pembaca? Kirim ke linimasa?


Saya dulu pernah mencoba mengirimkan link satu per satu ke setiap akun pembaca atau akun yang tidak memiliki karya. Cukup membantu, tapi tidak begitu membantu. Perjuangannya dulu susah banget asdfghjkl. Bikin cerita Wattpad itu susah banget, susah! Buat yang bilang bikin Wattpad gampang, gue jambak nih rambut lu anj.


6 Cara Promosi Cerita Wattpad dan Contohnya


1. Ambil Penggalan Menarik Ceritamu Lalu Upload di TikTok 


Penggalan cerita yang menarik itu kayak bagian yang menurutmu membuat pembaca bertanya-tanya mengenai apa, bagaimana, siapa, kenapa? Buat mereka penasaran lalu di sana taruhlah judul cerita Wattpad-mu. Mereka yang penasaran akan mencari ceritamu lalu membacanya versi lengkap.


contoh

Jika ceritamu FYP, biasanya cerita akan lebih memiliki banyak pembaca. Cara promosi seperti ini juga cocok buat mengenalkan bukumu yang sudah terbit. Kayak bukunya Black House by Patrick Kellan. Karena bukunya dan cara promosinya yang unik, di TikTok dulu sempat ada trend Nona-Nona dan Tuan-Tuan.


2. Bagikan Link Ceritamu ke Grup Facebook


Coba masuk ke grup Facebook Wattpad. Bagikan link ceritamu di sana. Selesai. Tunggu saja yang baca. Dulu cara ini cukup ampuh, tidak tahu kalau sekarang.


3. Buat Headline Berita Palsu Mengenai Ceritamu


Saya pernah menemukan cara promosi ini di TikTok. Jadi ada judul berita dikabarkan ada bla bla bla. Awal baca rasanya panik, ada apa nih? Ada apa?


itu diedit atau pakai aplikasi ya?

Eh pas di bawah ternyata itu cuma berita palsu yang menjadi garis besar cerita dari seorang author, mungkin kayak premis gitu. Endingnya, banyak orang penasaran terus baca ceritanya deh.


4. Buat Interaksi Sosial Media yang Unik dengan Tokoh yang Ada Pada Ceritamu


Misalnya begini, ceritamu membahas cerita anak remaja yang sedang dimabuk asmara. Ternyata si cowok selingkuh sama Nenek-Nenek, terus mereka berantem, muncullah konflik.


xixi

Lalu agar lebih realistis, bawa konflik itu ke dunia nyata. Misal, karena si A selingkuh, si B pun sedih, terus buat cuitan di Twitter:


"Sialan diselingkuhi sama Nenek-Nenek. Jahat banget."


Atau buat pertengkaran itu terjadi di WhatsApp, mereka chattan, terus berantem. Obrolan atau interaksi itu silakan kamu screenshoot kemudian bagikan ke sosial media seperti Instagram, Facebook, Twitter TikTok. Jangan lupa beri link cerita kamu agar mereka tidak kebingungan membedakan ini nyata atau fiksi belaka.


aku emosional sekali bacanya, kupikir beneran

Selain membagikan pertengkaran, membagikan hal manis yang terjadi di antara kedua tokoh juga boleh-boleh saja dilakukan. Sekreatif kamu saja. Sekarang carilah pemilihan kata-kata yang tepat, pada akhirnya semua kembali kepada dirimu sendiri apakah bisa menemukan kata-kata promosi yang menarik atau tidak.


5. Promosikan Ceritamu dan Bertindak Sebagai Pembaca


Penulis mempromosikan ceritanya sendiri? Itu oke, oke banget. Akan tetapi, lebih menarik jika pembaca yang merekomendasikan cerita ke orang lain. Penulis promosi karena karya itu miliknya, jadi bagus atau tidak, orang-orang akan kesulitan menilainya.


Beda kalau ceritamu dipromosikan pembaca, orang-orang akan berpikir, "Wah, kayaknya bagus."


Kamu bisa berpura-pura menjadi seorang pembaca yang mempromosikan cerita milik penulis lain yang sebenarnya penulis itu adalah dirimu sendiri. Sebelum itu, sudahkah kamu tahu cara bagaimana seorang pembaca mempromosikan cerita orang? Cara penulis dan pembaca promosi itu beda banget, jadi pahami baik-baik.


Kalau menurut pemahamanku, cara pembaca promosi cerita favoritnya itu, mereka lakukan singkat padat. Misal:


  • Mereka mulai dengan kata-kata, "Cerita Wattpad ini harus masuk ke perpus kalian," kemudian muncul daftar cerita-cerita bersangkutan

  • Bisa juga dimulai dengan kalimat begini, "Buat yang lagi insecure mending baca Wattpad ini deh! Asli sebagus itu woi parah," terus kasih judul ceritamu

  • Atau dimulai dengan kalimat begini, "Cerita Wattpad ini bikin gue nangis sesenggukan, susah bikin move on! Kalian harus baca!"

  • "Seru banget ceritanya, jarang ada di dunia nyata. Alurnya gila banget, masa ada siluman domba jatuh cinta sama siluman werewolf. Jarjit gak nangis? TT"


Promosi itu ada triknya. Trik terbaik itu kamu promosi tapi gak kelihatan promosi. Kalau terlalu kelihatan promosi, orang-orang pada malas buat kasih perhatian. Kayak kamu nonton iklan di TV gitu. 


6. Bagikan Gambar, Cover Cerita atau Karakter dalam Cerita dalam Bentuk Foto di Pinterest


Pinterest itu gudangnya gambar. Promosi di Pinterest paling cocok yaa dengan pendekatan gambar. Bukan tulisan atau penggalan ceritamu. Eh, boleh deh membagikan penggalan cerita, akan tetapi pendek saja. Misalnya dalam bentuk quote, lalu tautkan link gambar ke cerita Wattpad kamu.


kalau diklik otomatis menuju cerita wattpad

Namun di sini saya ingin kamu fokus ke cover buku atau foto-foto karakter cerita yang terlibat. Bagikan foto itu di Pinterest, terus sambungkan tautan cerita Wattpad. 


Orang-orang random di Pinterest kalau menemukan gambar 'itu', mereka bisa saja kepincut kepada ceritamu. Pesona gambar, itu wah banget. Gak cuma Webtoon yang bisa pakai cara ini, Wattpad juga bisa.


Sedikit Nasehat:


Nulis di Wattpad itu mudah karena semua karya mereka terima, tidak ada modernisasi, tapi mencari pembaca di sana itu susah. Bagaimanapun caranya, banyak atau sedikit pembaca nanti, tolong jangan banting setir ke menulis cerita plus-plus ya gaes yaa. Di dunia ini ada yang namanya dosa jariyah dan pahala jariyah. Hati-hati dengan apa yang kamu tulis, karena semua ada hisabnya. 

Post a Comment

© Tsubete. All rights reserved. Developed by Jago Desain

Pemblokir Iklan Terdeteksi

Matikan adBlock anda untuk dapat mengakses situs ini.

translate to english