Cara Main Game Mafia di Telegram dan Dunia Nyata

Add bot @TrueMafiaBot untuk memainkan game mafia bersama teman-teman Anda di Telegram.
cara main game mafia

Saya gak pernah main game mafia di dunia nyata, tapi cukup sering main game mafia di Telegram. Cara mainnya gak jauh beda kayak main game serigala. 


Para pemain dibagi dalam beberapa peran, seperti detektif, sersan, dokter, mafia, dan lain-lain. Kalau di dunia nyata, sepertinya perannya lebih sedikit. Ini tergantung jumlah pemain. Minimal pemain terdiri dari 8 dan maksimal 20 orang.


1. Cara Main Game Mafia di Dunia Nyata


Pertama: Pahami Peran-Peran yang Ada di Game Mafia


Main game Mafia di dunia nyata, bisa menggunakan kartu atau tidak menggunakan kartu, biasanya hanya terdiri dari 8 sampai 13 pemain dengan pembagian peran sebagai berikut (ini contoh permainan mafia yang terdiri dari 13 pemain):


  1. 3 orang mafia (tugasnya membunuh)

  2. 1 orang detektif (mencari tahu siapa mafia di antara mereka)

  3. 1 orang narator (orang yang bertugas memandu acara, memberitahu siapa yang terbunuh, mengumumkan hasil vote, dan mengungkap identitas pemain jika detektif ingin melakukan penyelidikan. Dia tahu identitas semua pemain)

  4. 1 orang dokter (bertugas menyembuhkan warga yang dipilihnya dari serangan mafia)

  5. 7 warga sipil (warga biasa, tidak memiliki keistimewaan apa-apa. Tugasnya cuma vote untuk menemukan mafia yang paling dicurigai)


Pembagian peran ini dilakukan oleh narator. Dia bisa membagi peran dengan menentukan kartu yang dipilih acak oleh pemain, atau menentukan sendiri siapa mafia-nya dengan menunjuk pemain. Saat pembagian peran, harus dilakukan secara rahasia.


Kedua: Memahami Gameplay Game Mafia


Setelah narator menentukan peran, selanjutnya permainan akan dimulai. Permainan ini dimulai saat malam hari, pada waktu ini mafia keluyuran mencari korban. 


  1. Saat malam hari datang, narator meminta satu per satu pemain untuk membuka mata. Pemain itu adalah mafia, detektif dan dokter. Ini dilakukan secara bergantian

  2. Mafia memilih 1 orang korban 

  3. Dokter memilih 1 orang untuk disembuhkan

  4. Detektif membuka identitas pemain yang dipilihnya

  5. Saat pagi hari datang, narator mengumumkan siapa yang terbunuh. Jika ternyata korban adalah pasien dokter, nyawanya terselamatkan dan tidak jadi meninggal

  6. Lalu tugas detektif di sini memberitahu para warga untuk vote mafia yang diketahui atau dicurigainya

  7. Setelah vote selesai, pemain dengan suara terbanyak harus mati

  8. Setelah mati, narator akan mengumumkan siapa identitas sebenarnya dari pemain tersebut

  9. Lalu permainan terus berulang sampai mafia diberantas semua atau mafia berhasil memberantas pemain-pemain protagonis


Adapun cara main game mafia di Telegram. Ini lebih mudah dan simple. Tidak butuh kartu dan tidak butuh narator karena Telegram memiliki bot yang akan memandu kalian semua.


2. Cara Main Game Mafia di Telegram 


Pertama: Cari dan Add Bot Game Mafia di Telegram


Saya cuma tahu satu bot saja, namanya adalah @TrueMafiaBot atau True Mafia.


  1. Buka Telegram terus cari bot dengan username tersebut

  2. Kemudian klik 'Mulai'

  3. Ubah bahasa menjadi Bahasa Indonesia

  4. Setelah itu pilih 'Masuk Obrolan'. Lalu pilih grup Bahasa Indonesia

  5. Terakhir gabung dengan grup tersebut


Setelah meng-add bot True Mafia dan bergabung dengan grupnya, langkah berikutnya adalah mengikuti permainan mafia yang ada di sana.


Kedua: Gabung ke dalam Permainan Game Mafia


Di dalam grup ini ada lebih dari 29 ribu orang dengan pengguna aktif rata-rata 2.000-an. Pemain yang boleh ikut maksimal 20 orang saja. Pendaftaran permainan akan otomatis ditutup jika sudah mencapai angka tersebut.


Susah main game ini karena selalu ramai. Saya main tiap jam 3 pagi, pada jam-jam tersebut pemain lebih sedikit, tapi tetap ramai. Jika terlalu  malas rebutan, saya menyarankan kalian buat grup sendiri, lalu undang 13 sampai 20 pemain. Kemudian add bot @TrueMafiaBot ke dalam grup Anda.


Kalau main di grup yang disediakan True Mafia, kita bermain dengan orang-orang random di public. Beda kalau buat grup sendiri.


Ketiga: Memahami Peran-Peran Game Mafia di True Mafia


Kurang lebih ada 13 peran pemain di game True Mafia. Pahami tugas-tugas mereka sebagai berikut:


pembagian peran

1. Detektif (Det): Dia memiliki 2 tugas, apakah ingin memeriksa identitas pemain atau membunuhnya. Jika curiga dengan seorang pemain, kamu bisa memilih opsi kedua. Yaitu membunuhnya.

2. Sersan (Babu Det): Seperti asisten detektif. Dia menerima semua informasi yang didapatkan Detektif. Tapi dia tidak memiliki tugas apa-apa selagi detektif utama masih hidup. Dia tidak bisa memeriksa atau membunuh, cuma bisa bantu vote seperti tugas warga.

3. Dokter: Tugasnya menyembuhkan pemain. Jika beruntung menyembuhkan pemain yang dibunuh mafia, pemain itu bisa dihidupkan lagi.

4. Mafia: Peran antagonis yang membunuh pemain.

5. Boss Lana: Peran antagonis juga. Mereka satu komplotan dengan mafia.

6. Pelacur: Tugasnya meniduri salah satu pemain. Pemain yang ditiduri pelacur, tidak bisa menjalankan tugasnya dan tidak bisa berpartisipasi dalam diskusi. Istilahnya mungkin membekukan pemain untuk sementara.

7. Batak (Gelandangan): Setiap malam, ia bisa berkunjung ke rumah salah seorang pemain. Lalu melihat siapa saja yang berkunjung ke rumah tersebut. Misal, jika datang ke rumah A, lalu bertemu si B di sana, itu bisa jadi ada sesuatu di antara mereka. Ada 2 kemungkinan, si B adalah dokter, atau mafia. Hasilnya bisa kamu lihat di keesokan harinya. Jika A baik-baik saja, maka yang datang ke rumah si A adalah orang baik.

8. Gila (Psikopat): Dia netral, bukan penjahat atau orang baik. Dia membunuh orang-orang yang tidak disukainya untuk kesenangan pribadi. Dia bisa membunuh detektif, mafia, bos lana atau warga biasa.

9. Kamikaze (Kamik): Dia hanyalah warga biasa, tapi saat ia terbunuh, seorang Kamikaze bisa membawa satu pemain untuk ikut mati bersamanya. Berhati-hatilah saat membunuh Kamikaze, bisa jadi dia bom untuk Anda sendiri.

10. Pengacara (Law): Tugasnya membela mafia. Dia memilih pemain secara acak, tidak tahu siapa mafianya. Tapi bila ternyata yang ia pilih adalah mafia, dia bisa membela mafia tersebut supaya tampak tidak bersalah. Contohnya begini:  si A adalah mafia, kamu membelanya, lalu datang detektif memeriksanya. Informasi yang didapat detektif bisa menjadi palsu, yang seharusnya identitas aslinya mafia, bisa menjadi identitas warga biasa.

11. Warga (Wg): Warga biasa. Tugasnya cuma vote saat diskusi berlangsung.

12. Beruntung (Lucky): Peran yang memiliki keberuntungan tinggi. Jika ia dibunuh suatu malam, dia bisa saja selamat dari pembunuhan tersebut. 

13. Bunuh Diri (Bundir): Peran netral yang hanya menang dengan memenangkan suara kematian siang hari. Anda harus mati di siang hari.


Jika yang berpartisipasi ada 20 pemain, semua peran ini bisa muncul semua.


Keempat: Cara Main Game Mafia di Telegram


Ikuti instruksi narator atau bot-nya. Saat malam hari, orang-orang yang memiliki peran kecuali warga, harus menjalankan tugasnya. Entah itu membunuh, menyembuhkan, memeriksa atau yang lainnya. Klik 'Buka Bot' untuk memberi pilihan.


Saat pagi datang, kalian bisa melihat siapa saja yang terbunuh. Selanjutnya kalian cari siapa yang paling mencurigakan. Tugas Detektif dan Batak sangat berperan penting. Setelah vote selesai, kamu bisa melihat siapa yang digantung dan identitas dari orang yang mendapatkan suara terbanyak tersebut.


Begitulah cara main game Mafia di Telegram. Tidak jauh berbeda dengan game Serigala atau Werewolf, cuma ini versi yang lebih rumit karena perannya yang banyak.

Post a Comment

© Tsubete. All rights reserved. Developed by Jago Desain

Pemblokir Iklan Terdeteksi

Matikan adBlock anda untuk dapat mengakses situs ini.

translate to english