Cara Daftar Google News Terbaru 2022 dengan Domain Blogspot 

Cara daftar Google News terbaru 2022 agar blog cepat terindeks.
gugel berita

Katanya blog harus ber-domain TLD (.com, .me, .edu, .xyz, dll) agar bisa diterima Google News. Tapi saya yang masih memakai blogspot.com tetap diterima.


Saya ceritakan dulu pengalaman saya yang menginspirasi dan menggetarkan hati ini:


Pengalaman Saya Daftar ke Google News 


Jadi ceritanya 3 minggu lalu atau 4 minggu lalu (Februari 2022) saya daftar ke Google News karena blog saya sulit diindeks dikarenakan Google sedang berhati-hati dengan artikel spam, dia tidak mengindeks milyaran artikel dikarenakan masalah ini. Hampir semua orang merasakan masalah tersebut, tapi tidak untuk blog yang sudah terdaftar di Google News.


Saat daftar ke Google News, saya ditolak sebanyak dua kali, masa tinjauannya memakan waktu 1 minggu, jadi selama 2 minggu itu saya ditolak oleh 2 alasan:


Pertama, Karena saya salah memasukkan alamat website. Saya pakai www.tsubete.blogspot, harusnya itu memakai https. Jadi minggu pertama saya benahi masalah tersebut dengan mengubah link alamat menjadi https://tsubete.blogspot.com. Saya juga mengubah kategori blog dan deskripsinya. Katanya biar blog diterima walaupun bukan blog berita, kita harus nentuin kategori yang tepat.


duh ngeblur, kesalahanku ada pada link yang warnanya biru itu

Kedua, penolakan kedua dikarenakan saya menyertakan link promosi (linknya menuju Google Play). Katanya gak boleh kayak gitu, harus dibenahi. Google News baik banget, dia kasih tahu kesalahannya dimana, bahkan sampai kirim screenshot dari bagian yang harus dibenahi tersebut.


Setelah menyelesaikan dua masalah tersebut, minggu ketiga, saya pun diterima. Ini kondisinya blog saya masih berdomain blogspot.com, daftar lewat HP dan bukan termasuk blog berita. Ini semua tak lepas dari bantuan Allah, terimakasih Tuhanku.


Cara Daftar Google News Terbaru 2022


Langkah 1: Masuk ke Google News Publisher Center


klik tambahkan

Langkah pertama, masuk ke website https://publishercenter.google.com/. Kemudian pilih akun Google untuk menggunakan layanan mereka. Sebaiknya gunakan akun Google yang terhubung dengan blog. Lalu klik 'Tambah Publikasi'.


Langkah 2: Masukkan Judul Blog Kamu dan Link Blog


gambarnya ngeblur

Judul Blog itu header yang kamu gunakan buat blog, terus link blog itu alamat blog yang dimulai menggunakan https://


Langkah 3: Selanjutnya Lakukan Setelan Publikasi

klik yang saya lingkari merah

terus isi semuanya

Di bagian ini kamu disuruh mengatur pengaturan umum dan gaya visual. Pertama-tama, isi Informasi Dasar:


  • Nama Publikasi: isi nama blog kamu

  • Bahasa Utama: klik bahasa alien, ya enggak lah!

  • Lokasi: pilih negara India, ya jalas Indonesia!

  • URL Properti Situs: isi url blog kamu. Kamu juga disuruh buat verifikasi. Semua ini akan gampang kalau kamu udah daftar Google Search Console sebelumnya. Wajib daftar Google Search Console ya! Terus klik 'Verifikasi dalam Search Console'

  • URL Properti Situs Lainnya: isi aja url blog kamu, jangan lupa diverifikasi

  • Kontak: masukkan alamat email. Terus verifikasi


Berikutnya pengaturan Gaya Visual, cukup upload logo persegi dan persegi panjang terus pilih jenis font. Berikut ketentuannya:


  • Logo Persegi: berformat JPG/PNG dengan dimensi 1000 x 1000 px

  • Logo Persegi Panjang: berformat JPG/PNG dengan dimensi 2000 x 200 px

  • Untuk jenis font, sesuaikan dengan font yang kamu pakai di blog. Kalau saya sih menggunakan Times New Roman. Tinggal pilih saja di sana tidak perlu upload font


Pergilah ke Picsart atau aplikasi edit foto, lalu buat logo blog kamu dan atur dimensinya memakai fitur kustom dimensi. Setelah kamu atur semua, klik 'Simpan'.


Langkah 4: Atur Informasi Setelan Google Berita


klik bagian yang bergambar beruang

klik edit

Caranya dengan masuk ke 'Dashboard', terus klik 'Google Berita', lalu klik 'Edit'. Nanti akan muncul beberapa setelan informasi dasar, setelan konten dan tinjau dan publikasi.


Ada 3 langkah. Cuma 3 langkah.

burem

Umum:


  • Deskripsi Publikasi: isi deskripsi blog kamu, buat semenarik mungkin dan nyambung ke konten yang kamu buat

  • Kategori Publikasi: pilih kategori yang paling sesuai dengan blog. Kalau saya pilih kategori 'Minat Khusus', soalnya saya menulis sesuatu yang saya minati saja

  • Di bagian distribusi, pilih seluruh dunia dan izinkan semua properti


Jangan lupa klik 'Simpan', terus klik 'Berikutnya'.


Setelan Konten:


klik rubrik baru

gunakan kode di bawah agar tampil daftar artikel di blog kamu


Di sini kamu harus mengisi bagian rubrik. Apa itu rubrik? Saya tidak tahu. Pokoknya nanti isi begini saja:


https://www.tsubete.blogspot.com/atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500


Bagian yang warnanya biru kamu ubah jadi url blog kamu. Jika berhasil memasang maka nanti tampilannya begini. 


Di bawahnya ada menu 'Group Akses', saya tidak tahu gunanya apa, saya sih kosongi saja. Terus jangan lupa klik 'Simpan', lalu klik 'Berikutnya'.


Tinjau dan Publikasi:


Langkah terakhir adalah klik bagian peninjauan dan klik ikuti pada menu menguji publikasi. Tampilannya begini jika sudah diterima.


bagian pratinjau bisa muncul karena kamu sudsh mengatur rubrik

Tunggu sekitar 7 hari, tapi ada juga yang 3 hari sudah bisa diterima. Kalau nanti ditolak daftar lagi terus. Kalian gak akan dibatasi buat meminta mereka melakukan peninjauan, jika pun nanti ditolak, kamu akan diberitahu mereka alasan kenapa kamu ditolak sehingga bisa mengatasi masalah tersebut sebelum akhirnya meminta peninjauan ulang.


Cara Mengetes Apakah Blog Sudah Terdaftar di Google News


Jika sudah terdaftar, tampilannya akan begini pas di dashboard.


yatta

Untuk memastikan artikel apa saja yang sudah masuk ke Google News, silakan kamu buka Google terus ketik pencarian begini: 


site:tsubete.blogspot.com


Site:alamat blog kamu (tanpa spasi ya!), terus klik tab 'Berita'. Judul-judul yang muncul di sana adalah artikel-artikel yang berhasil masuk ke Google News. 


Enak lho habis daftar di Google News, blog langsung terindeks dalam beberapa jam. Awal diterima belum kerasa dampaknya, tapi setelah beberapa hari berlangsung, dampak positifnya mulai terasa.

Post a Comment

© Tsubete. All rights reserved. Developed by Jago Desain

Pemblokir Iklan Terdeteksi

Matikan adBlock anda untuk dapat mengakses situs ini.

translate to english