18 Rekomendasi Webtoon Terbaik Menurut Saya

Rekomendasi webtoon terbaik, terseru, terbaru, dan ter-ter menurut saya.
jarim dan gongju

Webtoon pertama yang saya baca dulu kalau tidak salah itu Eggnoid, cowok yang menetas dari telur, tahun kapan ya itu, pas zaman sekolah, udah lama banget. Pas itu temen-temen pada suka True Beauty. Setelah itu saya rehat baca Webtoon terus sibuk baca novel alay cinta-cintaan yang membuat saya kesemsem.


Tahun ini saya mulai baca Webtoon lagi, banyak yang sudah saya baca, berbagai jenis genre, tapi yang paling utama adalah romantis. Kalau baca Webtoon aksi, yang saya cari juga romansanya. Romance tipis-tipis itu baperin banget. Berikut adalah daftar rekomendasi Webtoon terbaik.


1. Love Revolution

kelihatan gak karakter mereka gimana dari satu foto ini?


Ceritanya tentang cowok imut suka cewek cuek, si cowok ngejar-ngejar tapi si cewek abai. Klise? Tidak! Seperti judulnya, Revolusi Cinta, kamu akan diajak melihat bagaimana sosok yang imut, hangat, dan peduli, bisa menaklukkan dia yang dingin sedingin dinginnya dingin. Lalu si yang hangat, berubah dingin dan si dingin berubah makin hangat. Ini komik Webtoon paling realistis menurut saya, konflik yang dialami para tokoh itu benar-benar banyak terjadi di masa remaja. Saya galau karena cerita ini, authornya gila! Hebat banget nyusun alurnya. Cerita yang awalnya bikin ketawa, lalu tiba-tiba rasanya melelahkan, bahagia lagi, seneng, sedih, kecewa, semua emosi teraduk-aduk. Keren, dari 1 sampai 10 saya beri nilai 12!


2. Wind Breaker


personil humming brid


Romansanya tipis-tipis, lebih banyak membahas tentang sepeda, dan itu seru banget. Gambarnya serasa bergerak, teriak-teriak di kuping seolah-olah lagi melihat anime padahal hanya manhwa. Ceritanya tentang Jay Jo yang menyukai sepeda karena pamannya. Pamannya atlet sepeda yang terkenal tapi difitnah memakai doping, dia ingin membersihkan nama pamannya dengan mengikuti lomba sepeda bersama teman-temannya. Untuk romansanya sendiri ada banyak yang dikisahkan, seperti hubungan si cowok bucin dan si cewek cuek, hubungan di antara cewek yang lebih tua daripada cowoknya, terus Jay Jo yang cuek dikejar-kejar oleh Shelly yang aslinya itu dia cewek yang gak sembarangan jatuh cinta sama orang. Tapi sekali lihat Jay Jo, dia langsung suka.


3. The Real Lesson


real lessons


Banyak sekarang MC naif, baik tapi gak bisa tegas. Baiknya terlalu baik, dan kadang itu bikin geregetan. Tapi saat membaca manhwa ini, rasanya wah, lega. MC-nya suka main tangan, lihat hal-hal yang gak bener di depannya, dia langsung pukul terus ajak berantem gitu. Ruang lingkup peristiwa berlangsung di sekolah, di sana banyak banget kasus pembullyan, pelecehan, dan sejenisnya. Bayangin, si MC datengin orang-orang jahat itu, terus bukan ceramah tapi langsung pukul. Wah, betapa leganya. Yah, tentu saja setelah itu diceramahi. Kata-katanya selalu nusuk banget, keren pokoknya. Mari melihat bagaimana dia mendisiplinkan orang-orang dengan kekerasan. Seru banget. Penjelasanku mungkin kedengaran negatif, tapi pas baca ceritanya kamu pasti juga ingin ikutan nonjok karakter ngeselin di sana. Karena memang mereka layak mendapatkan itu.


4. Let's Meet in The Next Life


di kehidupan selanjutnya, aku lebih muda darimu


Ceritanya seputar reinkarnasi, mati di tubuh A, lalu lahir di tubuh B. Begitulah konsep kehidupan di dunia manhwa ini. Suatu hari, ada seorang wanita yang secara ajaib mengingat kehidupannya di tubuhnya yang sebelum, sebelum, sebelum dan sebelumnya. Total ia menjalani 18 kehidupan, dia mengingat semuanya. Awal kisah, dimulai saat dia hidup di tubuh seorang anak kecil, karena dia mengingat kehidupan sebelumnya, tingkahnya pun tidak seperti anak kecil kebanyakan, dia terlalu dewasa. Singkat cerita, dia jatuh cinta dengan seorang anak laki-laki, naasnya mereka kecelakaan dan si wanita mati. Ia mengulang reinkarnasi lagi, dan lagi-lagi ia teringat kehidupan masa lalunya. Di tubuh yang baru, si wanita masih menyukai laki-laki itu, dia pun mencari anak tersebut lalu berencana mencuri hatinya. 


5. This Witch of Mine


philippa dan colin


Saya tergila-gila dengan alur cerita ini. Berkisah tentang seorang penyihir yang tidak bisa mati, dan seorang manusia. Mereka saling mencintai, kemudian menikah, tapi usia si laki-laki tidak bisa menyamai keabadian penyihir tersebut. Si cowok mati, si wanita masih tetap hidup. Setelah menunggu bertahun-tahun lamanya, si cowok reinkarnasi, dan dia mengingat penyihir yang dicintainya itu. Mereka bertemu lagi, lalu jatuh cinta. Hal ini terus berulang-ulang sampai ratusan abad lamanya. Mungkin kedengaran romantis, akan tetapi, jika kita berada di sudut pandang wanita, dimana melihat laki-laki yang kita cintai berkali-kali mati di depan mata kita, sehancur apa hati kita nanti? Apalagi jika kematian si cowok bukan karena takdir, melainkan pembunuhan. Apa enggak patah hati kamu?!


6. Mystique


mystique

Mystique adalah wanita tercantik di Webtoon. Tiap panel seolah-olah disuguhkan sebuah lukisan, indah banget gambarannya. Alur ceritanya juga seru, tentang wanita yang menetas dari kelereng. Entah disebut apa? Putri duyung? Entahlah, yang jelas dia makhluk yang harus tinggal di air, tapi bisa juga ke darat dalam waktu tertentu. Singkat cerita, pemeran tokoh pria di cerita ini jatuh hati, mereka saling mencintai, setiap hari akan disuguhkan berbagai keromantisan mereka. Seolah-olah tiada konflik di cerita ini, padahal crita yang berjalan indah, belum tentu akan berakhir indah. Saya cukup dibikin was-was karena alur ceritanya.


7. Mistake


arya dan kana


Dua remaja polos dituduh melakukan perzinahan. Mereka kemudian dinikahkan di usianya yang masih sangat muda. Sepanjang cerita kita dibawa pada perjuangan mereka mencari nafkah padahal ijazah saja tidak punya. Bagaimana dengan orang tua? Mereka seperti dibuang, terlebih pihak orang tua si pria. Miris banget. Beban hidupnya sungguh berat, tidak sekolah, dipaksa dewasa tiba-tiba, dituduh melakukan kesalahan yang jelas tidak mereka lakukan. Awal baca ceritanya seru sekali, tapi lama kelamaan saya bosan. Mungkin karena konflik cerita yang semakin dibuat panjang. Mental saya gak kuat.


8. Omniscient Reader


dokja versi webtun


versi novel

han sooyong

cakep banget buset

cape😭

dokja versi novel

Ada sebuah novel misterius yang ditulis secara konsisten selama 10 tahun dan menghasilan 3 ribuan episode. Karya tersebut hanya memiliki satu pembaca setia. Nama pembaca itu adalah Dokja. Selama 10 tahun dia terus ikuti novel yang sepi peminat tersebut, lalu tahun ini novel itu resmi berakhir. Setelah novel tamat di episode 3 ribuan itu, kejadian aneh terjadi. Dunia tiba-tiba berubah seperti yang ada pada novel yang Dokja baca. "Cuma aku yang tahu bagaimana alur cerita ini," kata Dokja. Ini seru banget, di Korea novel dan manhwanya sukses parah. Rencananya mau dibuat film dan anime juga. Terbaik!


9. The Second Marriage


navier dan heinry


Dari 1 sampai 10 saya beri nilai 11! Ceritanya hebat banget, temanya kerajaan, alurnya luar biasa keren. Mengisahkan tentang permaisuri yang diceraikan suaminya, kemudian pada hari perceraian dia langsung meminta untuk diizinkan menikah kembali. Peraturan-peraturan hidup di sana beda banget sama di sini. Namanya juga berlatar di kerajaan. 90% ceritanya membahas cinta, jenis cintanya elegan banget, dan sama sekali tidak alay. Apalagi tokoh utamanya, Navier. Beuh, wanita savage! Dia secara samar diperebutkan oleh dua kerajaan, wanita impian para lelaki, mungkin istilahnya begitu. Namun dengan bodohnya malah sang suami sah melepasnya hanya untuk menikahi seorang budak. Melepas batu berlian demi batu kerikil.


10. Love Lock


xianying dan muqing


Xinyang adalah korban manisnya laki-laki brengsek yang suka memainkan hati perempuan. Dia patah hati banget karena terus dipermainkan, lalu dia berusaha untuk menjadi wanita brengsek juga. Dia kencani para laki-laki untuk menikmati betapa rendahnya perasaan mereka yang murahan karena mudah terjerat oleh mulut manisnya. Kemudian suatu hari dia bertemu pria imut, gemesin, yang memiliki penyakit tidak bisa bersentuhan dengan wanita. Tiap bersentuhan, pria itu muntah-muntah. Singkat cerita Xianying ngejar-ngejar cowok itu, tapi si cowok sulit didapatkan hatinya. Menurut saya yang paling menarik dari manhwa ini adalah mengenai betapa dominannya peran cewek dibanding laki-laki.


11. Shine on You


sebelum jadi idol


Art-nya keren banget, buagus banget. Ceritanya ringan, konfliknya tidak begitu berat. Daya tarik utama kenapa saya membaca manhwa ini adalah karena perbedaan umur mereka, dimana wanita lebih tua dari pria. Kisah cinta mereka gak begitu berjalan mulus, banyak hal yang dilewati, serta denial-denial si cewek dengan perasaannya, bagaimanapun juga laki-laki yang ia rawat dari kecil itu hanya ia anggap adik sendiri. Pas besar kok malah naksir, kan rasanya jadi aneh. Jikapun diterima, bagaimana kalau nanti malah putus? Perdebatan batinnya panjang banget, belum lagi fakta bahwa pria yang menyukainya seorang idol terkenal.


12. Spirit Fingers


nam pup


Genrenya romantis komedi, ceritanya ringan dan lucu. Saya sering meminta rekomendasi komik Webtoon, dan banyak dari mereka merekomendasikan manhwa ini. Sejujurnya, saya tidak begitu 'salting' saat membaca manhwa ini, mungkin karena peran cowok bucin sudah dibabat habis oleh karakter Gongju di Love Revolution, jadinya biasa saja melihat karakter pria di sini bucin. Cerita Spirit Fingers tentang wanita biasa yang disukai laki-laki luar biasa, mereka pacaran, terus yaa begitu. Komedinya yang paling ditonjolkan, lumayan seru, bagus dibaca oleh jomblo berkarat karena alurnya ringan banget dan bikin senyum-senyum. Cuma, saya gak sampai ke tahap yang waaah.


13. Prince Maker


mau ngeship mereka tapi merasa berdosa banget


Latar ceritanya berada di zaman kerajaan, ada tradisi aneh yang harus diikuti Tuan Putri dari masing-masing kerajaan di negeri-negeri yang ada di sana. Mereka akan dikurung di dalam kastil yang penuh akan kekuatan magis, semua keperluan makanan, pakaian, sudah disediakan, tugas Tuan Putri hanyalah diam di sana dan menunggu seorang pangeran menyelamatkannya. Akhirnya setelah 10 tahun menunggu, pemeran utama wanita dalam cerita ini diselamatkan oleh seorang Pangeran juga. Sayangnya Pangeran itu kena kutukan menjadi seorang anak kecil yang lucu dan imut. Setelah itu mereka melakukan perjalanan pulang bersama dan mencari cara menghilangkan kutukan tersebut. Sepanjang episode, kalian tidak akan dimanjakan oleh hal-hal romantis, melainkan hal-hal imut dan mengocok perut karena Pangerannya gemesin dan polos banget. Komedinya dari 1 sampai 10 saya nilai 10! Ngakak banget.


14. How to Fight


hobin dan kawan-kawan


Jadi ceritanya ada anak culun yang diplonco oleh teman-teman sekolahnya. Anak ini lemah banget, tapi sesuatu membuatnya menjadi kuat karena dia menyukai uang. Dia iri sama teman-temannya yang mendapatkan uang dari Newtube (sejenis YouTube) dari hasil memanfaatkan wajah bodohnya. Lalu suatu hari dia tidak sengaja tertangkap kamera sedang berantem dengan orang yang suka membullynya. Pertengkaran aneh itu meledak, ditonton oleh jutaan orang dan menghasilkan uang begitu banyak. Sejak saat itu, dia memulai Newtube-nya dengan mengambil tema perkelahian antara anak culun yang penakut dengan orang-orang yang berkuasa, yang jago berkelahi dan jahat di daerahnya.


15. Lookism


lu mau gue pukul?


Ceritanya begitu panjang, soal perkelahian juga, yang bisa saya simpulkan dari cerita ini adalah ada seorang anak cowok korban bully, dia gendut, pendek, dan tidak good looking. Suatu hari hal magis menimpanya, saat dia tidur, ia berganti tubuh ke badan orang tampan, dia juga bisa melihat tubuhnya yang jelek itu sedang tidur terlelap di samping tubuh tampannya bangun. Saat tubuh tampannya tidur, tubuh tidak good looking-nya yang bangun. Lalu dia membuat rencana, dia akan menggunakan tubuh good lookingnya di pagi hari, dan menggunakan tubuh tidak good lookingnya di malam hari. Masing-masing tubuh butuh tidur, jadi pilihan ini adalah pilihan terbaiknya.


16. Cursed Blessing


rieta dan grand duke


Saya tetapkan bahwa pemeran wanita, bernama Rieta di Cursed Blessing adalah wanita dengan cobaan terberat yang saya temui di Webtoon. Dia adalah wanita yang super cantik, kecantikannya ini membuat banyak kerugian. Di awal cerita, kamu akan melihat bahwa pemeran utama wanita kita akan dikubur hidup-hidup oleh suatu alasan. Untungnya ini tidak jadi karena kedatangan seorang pria yang orang-orang anggap jahat dan mengerikan. Pria itu menyelamatkan Rieta, lalu membawanya ke kerajaannya. Semakin mengenal wanita ini, dia menyadari bahwa wanita itu adalah seorang janda, suaminya telah meninggal, tak lama kemudian anaknya meninggal, setelah anaknya meninggal dia akan dikubur hidup-hidup. Manhwa ini memberikan informasi yang tersurat sekali mengenai beban hidup Rieta, pada bagian scene yang menceritakan bahwa dia dilecehkan laki-laki karena kecantikannya juga harus dipahami betul, bahwa wanita yang tidak bisa tersenyum ini, memiliki beban hidup yang luar biasa berat. 


17. Your Smile is a Trap


2 orang yang terasingkan di sekolah


Kiyu adalah pria tampan, rupawan, mantan trainee idol yang disukai orang-orang karena ketampanannya. Dia lelah dengan itu semua, kemudian dia membuat penampilannya menjadi tidak menarik, jelek, culun dan tidak fashionable. Ia memulai hidup baru di sekolah baru. Berkat penampilannya yang culun itu, pertama kalinya tidak ada yang menyukai Kiyu, bahkan di sekolah tidak ada anak-anak yang mau mengajaknya bicara. Misinya pun sukses, menjadi tidak mencolok dan tidak dikagumi karena ketampanannya. Kehidupan Kiyu mulai terasa tidak menenangkan kala murid yang duduk di samping bangkunya ternyata adalah tetangga apartemennya sendiri. Kehidupan romansa pun dimulai dari sana. Sayangnya Webtoon ini belum rilis di Indonesia, kalian harus mengubah bahasa di Webtoon menjadi English untuk membaca Webtoon berbahasa Inggris ini.


18. White Blood


hayan park


Soal vampir yang hidup di tengah-tengah manusia. Ada vampir baik, dan ada vampir jahat, pemeran utamanya tentu vampir baik. Lalu ada seorang petugas kepolisian yang bertugas menangkap vampir-vampir itu, si vampir baik harus berusaha menyembunyikan identitas, meski pada akhirnya dia ketahuan, terus mereka memutuskan bekerja sama menumpas kejahatan para vampir. Seru, konfliknya greget, apalagi pas tahu penyebab kenapa vampir jahat menjadi sangat jahat. Nyebelin banget. Kisah romansanya nanti bakal unik juga, ada cinta segitiga, di antara siapakah itu?  Spoiler! Kisah cinta itu terjadi antara vampir baik-polisi dan vampir jahat-vampir baik.


Selain Webtoon-Webtoon di atas, saya juga merekomendasikan kamu membaca I Wanna Be U, Seasons of Blossoms, Girl's Word, dan …. lain-lain.

Post a Comment

© Tsubete. All rights reserved. Developed by Jago Desain

Pemblokir Iklan Terdeteksi

Matikan adBlock anda untuk dapat mengakses situs ini.

translate to english