Kenapa Saya Merasa Sedih Tanpa Sebab? Apa Penyebabnya? Apa Saya Gila?

Bagaimana cara pandang Anda soal perasaan sedih yang datang tiba-tiba? Anda ingin melihatnya dari pandangan Islam atau psikolog?
jangan nangis squid

Kalau dalam dunia medis, menangis tanpa sebab atau merasa sedih tanpa sebab, menandakan seseorang mengalami gangguan mental. Gangguan ini disebut sebagai Hypophrenia.


Namun kalau dalam kacamata Islam, alasan kenapa kita merasa tiba-tiba sedih, mendadak gelisah, galau, ingin menangis tanpa sebab, itu adalah tanda bahwa Allah sedang menggugurkan dosa-dosa kita melalui kesedihan itu.


Coba Anda lihat video ini: https://vt.tiktok.com/ZSJwwKmke/


Di video tersebut, Ustadz Agam menjelaskan,

"Rasul SAW mengatakan; apabila ada Hamba yang dosanya itu sudah sangat banyak dan dia tidak memiliki amal sedikitpun untuk bisa menghapus dosa-dosanya, maka Allah SWT mengirimkan kepada dia perasaan sedih. Tujuannya untuk, Allah pengen rasa sedih itu menghapus dosa dari Hamba-Hamba-Nya."

Jadi jika Anda merasa sedih tanpa sebab, berbahagialah, karena kesedihan itu adalah pengganti dosa-dosa kita yang berguguran. 


Bodohnya Saya Mengira Kesedihan Itu Datang Karena Orang Lain


Sebelum mengetahui fakta tersebut, Saya pikir perasaan sedih yang datang tiba-tiba tanpa sebab, dikarenakan oleh orang yang dulu pernah ada di masa lalu. Saya pikir, Saya merindukannya, jadi dia datang ke kehidupan Saya melalui bayang-bayang kesedihan


Bodohnya Saya Mengira Kesedihan Itu Karena Berpikir Saya Depresi


Dulu Saya suka self diagnosis. Merasa sedih sedikit, Saya langsung menjudge diri sendiri sedang depresi. Padahal aslinya Saya baik-baik saja.


Saya tidak mengatakan kalian bodoh jika merasa tiba-tiba sedih tanpa alasan karena depresi. Kekuatan mental kita berbeda, bisa jadi juga Anda terkena Hypophrenia seperti yang disebutkan di atas. Di sini Saya hanya menyesali cara berpikir Saya dulu, kenapa harus merasa paling menderita, dramaqueen, padahal aslinya kehidupan Saya baik-baik saja.


Bodohnya Saya Mengira Kesedihan Itu Karena Saya Merindukan Seseorang


Sebelum mengetahui fakta bahwa kesedihan yang Allah kirim bisa menggugurkan dosa, Saya pikir kesedihan itu datang karena perasaan rindu kepada seseorang yang selama ini Saya tahan dan denial. Dulu setiap kali merasa sedih, Saya paksakan diri untuk mencoba stalking sosial medianya, melihat foto-fotonya, berharap dengan cara itu rasa sedih menghilang.


Bodohnya Saya waktu itu menghilangkan kesedihan dengan semakin bermaksiat di jalan Allah dengan menatap foto lawan jenis. Padahal sebenarnya saat itu Saya gak rindu-rindu amat. Lagi-lagi dramaqueen. 


Bodohnya Saya yang Mengatasi Kesedihan Itu dengan Semakin Bermaksiat di Jalan Allah


Orang yang merasa sedih, akan berusaha mencari kesenangan agar rasa sedihnya menghilang. Ada yang mengatasi rasa sedih dengan menonton Drama Korea, Anime, mendengarkan musik, merokok, minum, zina dan ada juga yang jika merasa sedih, dia akan sujud di atas Sajadah, merengkuh hangatnya dekapan Allah yang nyaman.


Kadang, kita salah nencari hiburan. Dan seringnya, kita terlalu berburuk sangka kepada Allah. Lihat dirimu sekarang, baru tahu kan kalau rasa sedih bisa menggugurkan dosa. Kenapa kamu malah mencari hiburan yang membuatmu dosamu makin bertambah? 


Untungnya, sekarang Saya sudah tahu, jika rasa sedih yang datang tiba-tiba itu bukan lagi karena Saya merindukan orang, bukan lagi karena depresi, atau patah hati. Tapi karena dosa-dosa Saya sedang digugurkan oleh Allah SWT. Baik banget. 

Post a Comment

© Tsubete. All rights reserved. Developed by Jago Desain

Pemblokir Iklan Terdeteksi

Matikan adBlock anda untuk dapat mengakses situs ini.

translate to english