Apa Itu Wibu? Apakah Orang yang Suka Anime disebut Wibu?

Tidak semua orang yang suka nonton anime disebut wibu. Tapi semua wibu suka nonton anime.

" Lariiiiiii ada wibu."

Setiap wibu pasti dihina. Baik secara diam-diam atau terang-terangan. Ini dikarenakan wibu orangnya terlalu fanatik dalam menyukai, dan semua yang terlalu berlebihan selalu dibenci. Jadi normalah saat Anda menyukai sesuatu agar tidak dibenci.


Eh, tapi sebelum itu, tahukah Anda apa arti wibu yang sebenarnya?


sedang mendengarkan lagu dangdut

Apa Itu Wibu?


Wibu diartikan sebagai orang non Jepang yang terlalu fanatik dalam menyukai anime atau hal-hal yang berbau dengan negara Jepang. Kesukaannya kepada Jepang ini terlalu berlebihan, dan tergolong tidak normal.


Meski begitu, semua orang yang menyukai anime belum tentu wibu. Tapi setiap wibu selalu suka anime. Jadi ini seperti angin segar untuk kita, bagi para penggemar anime, kalian belum tentu wibu kok.


Tapi jujur saja, istilah wibu ini cukup buruk di telinga orang-orang. Saya sebagai penggemar anime Jepang agak kurang suka jika dikatai wibu. Lebih suka disebut animelovers saja.


Karena wibu ini penyebutan kepada orang yang terlalu suka. Sampai fanatik banget. Dan Saya tidak merasa begitu, jadi kurang suka. Bagaimanapun juga, menyukai sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Jadi Saya tidak suka saja dianggap wibu.


Jadi wibu termasuk kedalam konotasi yang jelek? Entahlah. Saya tidak bisa menilainya.


Mengapa Wibu dibenci Banyak Orang?


Yang namanya berlebihan, pasti tampak menjengkelkan di mata orang lain. Tak hanya di dunia Jejepangan saja. Di dunia Korea-koreaan pun sama. Terlalu ngefans? Maka dibenci.


Jadikan saja ini sebagai pengingat, kalau berlebih-lebihan dalan menyukai sesuatu itu salah. Yang boleh berlebihan itu hanya satu! Yaitu mencintai Allah subhanahu wataàlaa.


Adapun beberapa alasan lainnya:


Alasan 1: Wibu dibenci karena sudah dari dulu banyak yang suudzon dengan orang-orang ini. Darimulai, wibu dianggap orangnya jelek lah, tidak suka bergaul, susah didekati, antisosial dan suka halusinasi dengan sesuatu yang di mata orang lain tampak 'tidak normal'


Alasan 2: Wibu itu nolep atau no life. Tidak memiliki kehidupan. Bahkan yang sudah begitu parah, Wibu tak pernah komunikasi dengan sesama manusia. Jujur saja, hal seperti ini tampak arogan di mata orang-orang. Seolah-olah Anda tak butuh bantuan orang, mengabaikan fakta bahwa kita itu manusia sosial, dan sok sekali kalau bisa hidup di dunia sendiri. Sifat seperti ini sangatlah sombong di mata sesama manusia. 


Alasan 3: Karena terlalu fanatik dengan Jepang, yang ada di pikiran mereka hanyalah Jepang Jepang dan Jepang. Sampai-sampai jika ada permasalahan negara dengan Jepang, yang dibela ini Jepang. Bukan Indonesia. Sampai-sampai kayak lupa negara sendiri gitu.


Alasan 4: Alasan kenapa wibu banyak dibenci adalah karena mereka suka berbuat aneh dan norak. Contohnya, mereka meniru adegan di dalam anime, lalu dipraktekkan di dunia nyata. Di pikiran mereka itu keren, padahal aslinya itu menggelikan.


Alasan 5: Terlalu jatuh cinta dengan karakter 2D. Saking jatuh cintanya mereka tak butuh lagi manusia. 


Alasan 6: Wibu dikenal jorok, jarang mandi, kamar berantakan, cara berpakaian juga ngawur. Kalau soal berpakaian mungkin bisa diabaikan, tapi soal kebersihan?

Karena hal ini banyak yang membenci wibu.


Apa Ciri-Ciri Wibu, Apakah Anda Termasuk ke dalamnya?


Bagi Anda yang masih bingung apakah Anda wibu atau tidak, berikut adalah beberapa ciri yang menunjukkan Anda memiliki gejala menjadi wibu.

  1. Memakai kaca mata, jaket zipper dan masker gambar mulut, xixixixi
  2. Terobsesi dengan budaya Jepang seolah-olah itu adalah buadayanya sendiri
  3. Menyukai anime, musik, cosplay dan game secara berlebih-lebih-lebih-lebihan
  4. Sering memakai kosa kata Bahasa Jepang asal, terutama kosa kata yang dia dapat dari penggalan dialog anime. Yowaimoo~
  5. Mengoleksi banyak merchendaise Jepang
  6. Dan parahnya lagi, wibu suka halusinasi kalau karakter 2D adalah suami/istrinya dengan halusinasi yang sangat sangat sangat sangat berlebihan

Apakah ciri-ciri di atas ada yang Anda miliki? Jika iya, berarti Anda wibu.


"Aaaaa ada wibuuuuu!"


Kenapa Wibu Sering disebut Bau Bawang?


Bau bawang ini ada kaitannya dengan sindiran. Pertama kali dipopulerkan oleh Ericko Lim. Saat itu dia menghadiri acara event Cosplay, lalu ia bertemu banyak wibu di sana.


Dan salah satu wibu yang ia temui, tercium bau agak kurang sedap dan Ericko Lim menyebut wibu tersebut bau bawang. 

Jadi dari situlah ejekan berasal.


Selain itu, wibu juga dikenal jarang mandi. Sehingga memiliki bau badan kurang sedap. 

Hmmm, tampaknya konotasi negatif dari wibu susah dihilangkan. Image mereka sudah benar-benar hancur.


Kendati demikian, tetaplah menjadi anak baik. Yang tidak menghina apa yang dia lihatnya. Dan semoga mereka yang menyukai sesuatu secara berlebihan, bisa mulai mencintai sesuatu dengan biasa-biasa saja.

Post a Comment

© Tsubete. All rights reserved. Developed by Jago Desain

Pemblokir Iklan Terdeteksi

Matikan adBlock anda untuk dapat mengakses situs ini.

translate to english