Benarkah Tentang LGBT? Inilah Makna Lagu Line Without a Hook by Ricky Montgomery

Ada Line Without a Hook original, dan versi lirik yang diubah oleh fans.
apa benar soal LGBT?

Menurut saya, lagu Line Without a Hook milik Ricky Montgomery bukan tentang LGBT.


Banyak yang berspekulasi demikian, apa itu karena penggalan lirik ini?


And in my eyes, there is a tiny dancer

Watching over me, he's singing

"She's a, she's a lady, and I am just a boy"

He's singing, "She's a, she's a lady, and I am just a line without a hook"


Mungkin ada yang bingung dengan sebutan 'He's Singing' (ada laki-laki yang bernyanyi untuk menyadarkan bahwa wanita yang dia cintai itu gak layak sama dia) atau si 'Tiny Dancer'. Mungkin ada yang berpikir, bahwa ini cinta segitiga antara: 1) Penyanyi 2) Sosok 'He/Tiny Dancer'  dan 3) Wanita. Kayak lagu Heather punya Conan Gray? Ini salah!


Identitas sebenarnya dari si Tiny Dancer/He adalah gambaran dari 'kesadaran diri' atau insecure-nya si penyanyi. Jadi dia bukan pihak ketiga. Bisa dibilang juga 'Tiny Dancer' di sini adalah Penyanyi itu sendiri. Atau sebutan mudahnya, adalah 'harga dirinya'. 


Dia berusaha menyadarkan diri sendiri, kalau wanita yang ia sukai itu sudah 'Lady', sementara dia menggambarkan dirinya sebagai 'Boy' atau anak laki-laki. Kalau di bahasa Inggris, 'Lady' lebih cocok bergandengan dengan 'Man'. Sementara untuk 'Boy', lebih cocok bersandingan dengan 'Girl'.


Kenapa bisa mengartikan lagu ini ada hubungannya dengan LGBT? Padahal menurut saya lebih cocok kalau menceritakan perasaan yang begitu besar yang dimiliki seorang pria kepada wanita yang menyukainya biasa-biasa saja, atau mungkin perasaan bertepuk sebelah tangan? Soalnya ada lirik di mana penyanyi mengatakan aku lautan dan kamu kolam. 


Air laut yang ditaruh di dalam kolam, tidak akan muat menampung semua airnya, sementara air kolam ditaruh di lautan, tidak akan mampu memenuhi lautan. Kemudian ada lirik si penyanyi berniat menarik si wanita dari air pasang (air pasang itu air yang terus naik, lawan kata surut). Apakah si wanita tenggelam? Tenggelam di dalam perasaan si penyanyi yang terlalu banyak nan dalam? Lalu jika dihubungkan dengan judul lagu, yang artinya garis tanpa kail, sama kayak pancingan yang tidak memiliki kail. Apakah si penyanyi tidak bisa menyelamatkan wanitanya yang tenggelam karena perasaan cintanya yang berlebihan itu? Apakah si wanita tersiksa dengan perasaan berlebihan si penyanyi? 


Tapi saya juga ingin memaknai bahwa Line Without a Hook sebagai penggambaran diri si penyanyi di depan wanita yang dia sukai, yang sama sekali gak kelihatan menarik, kayak pancingan tanpa kail. Bagaimana bisa dapetin ikan kalau gak ada kailnya, bagaimana bisa mendapatkan hatimu jika aku saja tidak menarik di depannya. 


Ada juga penggalan lirik membahas 'Mama', apakah hubungan mereka tidak direstui? Apa itu yang menjadi patah hati si penyanyi?

Maknanya sulit dimengerti.  Saya menyerah memahaminya. Yang jelas, ini bukan lagu LGBT.


Ada Versi Lagu LGBT dari Line Without a Hook


Ada seorang fans yang memiliki suara indah, mengubah lirik lagu menjadi versi LGBT.


Pada bagian penggalan ini:


"She's a she's a Lady, and I'M NOT A BOY."


Kalau liriknya seperti itu, baru bisa dibilang LGBT. Saya sangat keberatan kalau lagu indah ini dikaitkan dengan LGBT.


Baca juga, makna lagu Mr. Loverman by Ricky Montgomery di sini.


7 comments

  1. Huaaa tengkyu kakk
    Lagu ini memang bagus pake banget tapi pas denger/liat ada yang bilang ini menceritakan tentang itu jadi agak..yagitulah
    1. Iyaa sama sama. Iyaaa, agak gimana gitu TT. Lebih setuju kalo menceritakan berondong yang suka tante2 gak sihh wkwkwk
  2. AAAAAA, makasi banyak, banyak yang bilang lagu ini tentang LGBT, takut nantang Tuhan, padahal udah hafalin lagunya[cry]
    1. Sama sama :D
      Tapi sekarang udah bnyak deh lagu2 soal LGBT. Penyanyi yg lagunya bagus2 sekarang juga pada ngegay T.T
  3. Analisis yang bagus.. gw juga dari awal nganggap lagu ini "normal" kok kwkwk... Si Penyanyi sendiri sebenernya terkenal di kalangan LGBTQ soalnya lagunya mulai terkenal gara-gara sering dipake konten LGBTQ dan di salah satu video lagunya yang berjudul "Mr. Loverman" dia berterima kasih sama komunitas2 itu, makanya banyak yang mengira lagu2 dia maknanya mengarah kesana... Tapi dia sendiri udah nge-klaim di Twitternya kalo dia itu "straight" bukan gay, tapi dia gak mempermasalahkan lagu2nya dipake sama komunitas LGBT
  4. Aaa makasi banyak kak. Aku juga denial klo ini gak mungkin ttg LGBT. Tapi gk ketemu kuncinya. Makasi banyak yaa kak penjelasannya. Rapih dan apik bgt. Suka bgt baca penjelasannya. Kek bolak balik “OOHHH IYA IYA” wkwkwkwkkw. Lagi suka2nya sama lagu ini. Sekali lagi makasi banyakkk.
    1. Wkwkwk, sama sama 😁😁😁
© Tsubete. All rights reserved. Developed by Jago Desain

Pemblokir Iklan Terdeteksi

Matikan adBlock anda untuk dapat mengakses situs ini.

translate to english